PENYELUNDUPAN 500 GRAM SABU DIGAGALKAN

TANJUNGBALAI – Petugas Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (P2BC) Tipe Madya Pabean C Teluk Nibung, menggagalkan penyelundupan 500 gram narkoba jenis sabu, dengan mengamankan penumpang fery antar negara.

Dalam keterangan persnya, Kepala Kantor Bea dan Cukai Teluk Nibung, Tanjungbalai, Rahmady Hutahean mengatakan, penumpang yang ditahan pihaknya, berinisial IL (54), penumpang kapal cepat (ferry) dari Port Klang-Malaysia, tujuan Tanjungbalai.

“Dia (IL) diamankan petugas di areal terminal penumpang pelabuhan teluk nibung, karena kedapatan membawa 500 gram shabu-shabu dari Malaysia”, katanya, hari ini.

Seperti biasa, sambungya, secara rutin petugas Costum Narkotik Team (CNT) BC Teluk Nibung melakukan pemeriksaan terhadap penumpang yang tiba dari Malaysia, termasuk barang bawaannya.

“Hasil pemeriksaan manual, petugas menemukan kristal putih diduga shabu yang disembunyikan di dalam sepatu IL. Setelah diperiksa menggunakan alat narkotik test, kristal putih itu methamphetamine atau shabu seberat 500 gram”, ujarnya.

Menurut Rahmady, tersangka dikenakan pasal 113 ayat 1 dan 2 dari UU No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman kurungan paling cepat lima tahun paling lama 20 tahun atau denda maksimum 10 milyar. Ditambah 1/3 karena beratnya lebih dari 5 gram, dan UU No 17 tahun 2006 tentang perubahan UU No 10 Tahun 1995 tentang kepabeanan.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, tersangka IL penduduk Nangroe Aceh Darussalam, diserahkan kepada Polres Tanjungbalai, guna mengembangkan penemuan narkoba tersebut.
sumber: waspada

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *