HARGA BAWANG MERAH DI BANDA ACEH MEROKET

BANDA ACEH – Harga bawang merah di Banda Aceh meroket, hari ini. Jika pada perdagangan kemarin harga komoditas ini masih Rp45.000/Kg, kini harganya di beberapa sentra pasar di Banda Aceh diperdagangkan pada kisaran Rp58.000-60.000 perkilogramnya.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Aceh, Darmansyah kepada Waspada Online menjelaskan, kenaikan harga bawang di Banda Aceh, dan juga di beberapa wilayah di Aceh dikarenakan pasokan dari Medan berkurang. “Selain itu stok bawang di Banda Aceh juga menipis, dan dapat dikatakan hampir habis,” ujarnya, hari ini.

Dari data pantauan di pasar di Banda Aceh, tidak hanya bawang merah saja yang mengalami kenaikan, komoditas lainnya, seperti cabai merah besar dan daging ayam broiler juga naik.

Darmansyah menjelaskan, kenaikan harga bawang memang tidak dapat dihindari, hal ini disebabkan bawang merah merupakan jenis komoditas terikat sesuai dengan peraturan. “Seharusnya bawang merah itu di impor saja semua,” katanya.

Ia melanjutkan, kondisi harga ini tidak dapat di intervensi, kalaupun kemudian pihaknya melakukan operasi pasar, tetap saja stok bawang tidak ada. “Karena itu kita akan segera berkordinasi dengan pihak terkait seperti Dinas Pertanian untuk membicarakan masalah-masala seperti ini, agar kedepan hal ini dapat di atasi nantinya,” tukasnya.
sumber: waspada

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *