MALAM PESONA SENI BUDAYA SIMALUNGUN DI PRSU PUKAU PENGUNJUNG

Pematangsiantar,(Analisa).Pemkab Simalungun menggelar kesenian dan kebudayaan daerah itu, melalui kegiatan malam pesona seni dan budaya Simalungun di Open Stage PRSU dan memukau pengunjung, Jumat (5/4).

Kesenian dan kebudayaan yang ditampilkan Kabupaten Simalungun antara lain, tor-tor sumba sebagai mengawali kegiatan, dilanjutkan penampilan para penyanyi asal Kabupaten Simalungun antara lain, Jhon Eliaman Saragih, Yance Sinaga, Damma Silalahi dan Yesica Saragih menyajikan lagu-lagu Simalungun.

Pada kegiatan ini, Kabupaten Simalungun juga menggelar teater Tuan Rondahaim Saragih Garingging. Teater ini diperankan putra putri Simalungun yang tergabung di dalam Sanggar Seni HIMAPSI (Himpunan Mahasiswa dan Pemuda Simalungun), sebagai wujud penghormatan kepada pimpinan (raja saat itu) atas jasanya yang membela tanah air tercinta ini, terutama Tanoh Habonaron Do Bona.

Pagelaran teater ini menarik perhatian pengunjung, termasuk Bupati Simalungun Dr JR Saragih, Erunita JR Saragih, Ketua DPRD, Dan Rindam I BB, Kapolres, Dandim 0207 Simalungun, Ketua PN Simalungun.

Teater Tuan Rondahaim disajikan dan dikemas sedemikian rupa itu oleh HIMAPSI sebagai bentuk dukungan masyarakat Simalungun untuk dijadikan Tuan Rondahaim Saragih Garingging menjadi pahlawan nasional.

Bupati Simalungun mengatakan, pegelaran seni dan budaya Simalungun di PRSU bertujuan untuk melestarikan kesenian dan kebudayaan daerah Simalungun yang telah dilakukan para leluhur, terutama para generasi muda, hingga dapat terus eksis seiring dengan kemajuan teknologi.

Bercerita tentang budaya, Bupati mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menggali budaya itu dan melestarikannya, hingga kebudayaan ini dapat ditampilkan semua masyarakat. Karena kebudayaan merupakan salah satu sarana untuk mendukung kemajuan daerah itu sendiri. Untuk memajukan kesenian dan kebudayaan, Bupati berharap kepada DPRD untuk memberikan dukungannya dengan menaikkan anggaran dari tahun sebelumnya.

Ketua DPRD Simalungun Binton Tindaon mengharapkan, agar kegiatan kesenian dan kebudayaan seperti ini dilaksanakan dengan baik, karena melalui kegiatan ini akan lebih banyak mengetahui tentang kesenian dan kebudayaan Simalungun.

Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Drs Karshell Sitanggang menyampaikan, selain menampilkan kesenian dan kebudayaanSimalungun, juga dilaksanakan grand final pemilihan garama pakon anak boru Simalungun. Dari grand final ini peserta dibagi dalam kategori duta wisata dan lingkungan hidup Simalungun. (ama)
sumber: analisadaily

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *