LAGI, TAHANAN KABUR DARI LP SALAMBUE SUMUT

MedanBisnis-Medan – Belum lagi berhasil menangkap tiga narapidana yang kabur hari Minggu (31/3) lalu, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Salambue, di Kota Padang Sidimpuan, Sumatera Utara (Sumut) kembali kehilangan satu penghuninya. Seorang tahanan kabur setelah menjebol atap.
Agustinus Harefa (18), diketahui kabur pada Selasa (9/4/2013) dinihari. Tahanan anak titipan Polres Tapanuli Selatan itu kabur dengan cara menjebol asbes ruang tahanan dan dengan menggunakan sarung memanjat tembok LP yang berada di Salambue, Kecamatan Padang Sidimpuan Tenggara, Padang Sidimpuan.

Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Salambue, Marahatoguan Harahap menyatakan, kaburnya tersangka kasus pencurian ini karena memanfaatkan kelengahan yang ada. Saat kejadian, diduga penghuni yang lain sedang tidur, sementara petugas terbatas jumlahnya.

“Petugas kurang karena ada yang masih mengejar tiga narapidana yang kabur beberapa hari lalu,” ujar Harahap kepada wartawan sembari memaparkan kondisi LP yang over kapasitas.

Dengan kaburnya Agustinus, maka saat ini pihak Lapas berusaha mengejar empat penghuni LP yang kabur. Sebelumnya pada Minggu (31/3/2013) ada tiga narapidana yang melarikan diri. Yakni Marihot Tampubolon yang divonis lima tahun dalam kasus narkotika, serta Rahmad Bangun dan Nurdin Simanjuntak yang juga bermasalah dengan hukum karena perkara narkotika. (dtc)
sumber: medanbisnisdaily

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *