KENAIKAN UMK DI INDONESIA TERTINGGI

MedanBisnis – Medan . Berdasarkan hasil riset ILO (International Labour Organisation) kenaikan upah minimum kabupaten/kota (UMK) di Indonesia tertinggi se-dunia. Kondisi ini secara langsung sangat berdampak terhadap iklim investasi Indonesia secara keseluruhan.
“Lompatan kenaikan UMK di Indonesia tertinggi sedunia yakni sekitar 5 persen. Kalau ini terus dibiarkan, pengusaha bisa gulung tikar atau mengalihkan usahanya ke daerah lain yang UMK-nya lebih murah,” kata Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia Sumatera Utara (Apindo Sumut) Johan Brien kepada sejumlah wartawan di Aula Garuda Plaza Hotel Jalan SM Raja Medan, Sabtu (6/4) pada kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Sumut.

Menurut Ketua Dewan Pengupahan Daerah (Depeda) Sumut ini, kenaikan UMK tersebut menjadi masalah tersendiri bagi kalangan pengusaha. Sebab dengan kenaikan UMK yang sangat tinggi itu membuat pengusaha harus berpikir ulang untuk meneruskan usahanya di Indonesia.

Diakui juga bahwa peranan pemerintah sangat diharapkan dalam menentukan besaran UMK sehingga tidak terjadi ketimpangan antara jalannya roda usaha dengan tingkat pengangguran di Indonesia. “Mestinya pemerintah ikut berperan dalam menentukan kenaikan UMK ini dengan mengeluarkan kebijakan mengenai UMK sehingga tidak terjadi ketimpangan antara kepentingan pengusaha dengan kesejahteraan tenaga kerja. Kalau usaha ditutup, lalu bagaimana dengan tenaga kerja kita. Kan, nanti ini jadi persoalan,” tandasnya.

Johan yang juga anggota komite tetap Kadin Sumut Bidang Energi itu juga menyoroti persoalan pemadaman arus listrik yang saat ini sering terjadi di Sumut. Sebab, pemadaman yang terjadi membuat perusahaan yang menggunakan arus listrik sebagai sumber energi mengalami kerugian yang cukup besar setiap harinya. (ali yustono)
sumber: medanbisnisdaily

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *