WARGA SEPAKAT HENTIKAN TINDAK ANARKIS

JAMBI, KOMPAS.com – Pascabentrok antara warga dan PT Lestari Asri Jaya, anak usaha Grup Barito Pasifik, Kepala Polres Tebo Ajun Komisaris Besar Zainuri Anwar menemui massa, Minggu (7/4/2013).

Dalam pertemuan itu, warga akhirnya sepakat untuk menghentikan tindak anarkis dan tidak melanjutkan pembangunan pondokan untuk sementara.  “Pengamanan kami perkuat. 60 personel berjaga dalam hutan,” tutur Zainuri.

Menurut Zainuri, konflik yang berlangsung Sabtu (6/4) sore pukul 16.00 itu bermula dari maraknya aktivitas pembukaan lahan liar dalam konsesi HTI PT LAJ. Kelompok tersebut mulai membangun pondokan.

Bermaksud menghentikan pembangunan dalam areal konsesinya, pihak perusahaan mendatangi warga. Massa SPI menolak larangan petugas, sehingga terjadilan adu mulut. Dalam situasi yang memanas, kedua pihak saling serang.

Pihaknya akan mempertemukan pihak perusahaan dan warga Rabu mendatang demi penyelesaian konflik. “Kami berharap pada Rabu nanti akan tercapai kesepakatan dua belah pihak,” katanya.

PT LAJ adalah perusahaan HTI. Saat ini perusahaan tengah membuka areal yang pada saat bersamaan dikuasai warga pendatang. Sebelumnya, konflik serupa terjadi Januari 2012, 4 karyawan perusahaan dibakar massa yang marah karena dilarang memanfaatkan lahan untuk ditanami karet dan sawit. massa juga membakar mess dan alat perusahaan.
sumber: kompas

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *