KARYAWAN PT LAJ MENGUNGSI KELUAR HUTAN

JAMBI, KOMPAS.com – Lebih dari 30 karyawan PT Lestari Asri Jaya, anak usaha Grup Barito Pasifik, mengungsi ke luar hutan pascabentrok yang terjadi antara aparat dan warga yang mengatasnamakan diri Serikat Petani Indonesia Jambi.

Manajer Lahan Haris Hutapea mengatakan, Minggu (7/4/2013), karyawan diungsikan dan kegiatan pembukaan lahan dalam areal konsesi PT LAJ dihentikan sementara hingga kondisi keamanan membaik.

Hal itu sebagai dampak bentrok yang berlangsung Sabtu (6/4/2013) sore antara massa SPI dan petugas keamanan perusahaan dan polisi. Dalam peristiwa itu, 4 korban yang terdiri atas d2 orang di pihak warga dan 2 orang di pihak perusahaan luka berat akibat dibacok.

“Kami meminta aparat untuk memastikan keamanan, karena ini terkait investasi yang harus dijaga,” tutur Haris.

Ketua SPI Jambi Sarwadi mengatakan, pihaknya tidak mengetahui persis yang lebih dahulu menyerang. Tetapi, dalam peristiwa itu, dua warga luka dibacok dengan kampak.

PT LAJ adalah perusahaan HTI. Saat ini perusahaan tengah membuka areal yang pada saat bersamaan dikuasai warga pendatang.

Sebelumnya, konflik serupa terjadi Januari 2012, 4 karyawan perusahaan dibakar massa yang marah karena dilarang memanfaatkan lahan untuk ditanami karet dan sawit. massa juga membakar mess dan alat perusahaan menimbulkan kerugian sekitar Rp 8 miliar.
sumber: kompas

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *