BUPATI BUKA MTQ TINGKAT KABUPATEN SIMALUNGUN

Pematangsiantar, (Analisa). Mushabaqah Tilawatil Qur’an(MTQ) ke-42 tingkat Kabupaten Simalungun tahun 2013 dibuka  Bupati Simalungun Dr JR Saragih SH MM di Lapangan Dobana Serbalwan Kecamatan Dolok Batu Nanggar, Kamis (4/4).

“Saya menyambut baik kegiatan MTQ ini, karena ini  sebagai upaya dalam pembinaan mental kepada masyarakat, sekaligus sebagai sarana untuk meningkatkan silaturahmi antara umat beragama”, ujar bupati.

Dikatakan, agama diciptakan sebagai wadah untuk merangkul umat dalam menjalin silaturahmi. “Kita ingin memperkokoh nilai-nilai keagamaan sebagai landasan dalam mewujudkan semangat toleransi di kalangan umat beragama di Kabupaten Simalungun”, ungkap bupati.

Bupati menyampaikan, pada pelaksanan MTQ tahun 2012 lalu, ada kontingen Kabupaten Simalungun diberangkatkan ke Ambon mengikuti MTQ tingkat Nasional. Karena itu, kepada qori’ dan qori’ah untuk lebih meningkatkan latihan-latihan secara rutin, sehingga ke depan kegiatan seperti ini tidak hanya menjadi serimonial saja, tetapi dapat lebih berprestasi pada event selanjutnya.

Kepada para qori’ dan qori’ah, bupati juga berharap dapat menjadi garam dan terang di tengah-tengah masyarakat serta dapat bersama-sama dengan pemerintah membangun Kabupaten Simalungun.

Ketua Panitia Eka Hendra SSos melaporkan, tujuan dilaksanakannya MTQ sebagai tahapan seleksi di tingkat Kabupaten Simalungun guna mengikuti MTQ tingkat Provinsi Sumatera Utara.

Cabang yang dilombakan dalam MTQ ini, yaitu cabang mujawwad, tartil, tahfiz, fahmil, syarhil dan khottil. Peserta yang mengikuti MTQ   berasal dari 31 kecamatan se Kabupaten Simalungun yang berjumlah sekitar 8.000-an orang

Dalam memeriahkan MTQ   juga digelar tarian Tor-tor sombah, tarian kolosal dari lima etnis yaitu Simalungun, Karo, Jawa, Melayu dan Toba, pagelaran marsing band dan ada juga Stand dari UKM (usaha Kecil Menengah dan SKPD Kabupaten SImalungun, layanan internet dan perpustakaan.

Pembukaan MTQ juga dimeriahkan dengan pemberian hadiah lucky drow kepada 27 pemenang hadiah berupa sepeda sumbangan dari bupari 25 unit, Kapolres  2 unit (1 untuk hadiah lucky drow dan 1 untuk hadiah juara MTQ)  dan Dandim 0207 SImalungun. Panitia menyediakan hadiah 3 sepeda motor. (ama)
sumber: analisadaily

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *