JALAN FLAMBOYAN RAYA BAKAL DIPERLEBAR

Medan-andalas Kemacetan panjang yang acap kali terjadi di kawasan Pasar Melati, Jalan Flamboyan Raya, Kelurahan Tanjung Selamat, Kecamatan Medan Tuntungan, mendapat perhatian serius Wali Kota Medan Rahudman Harahap. Untuk mengurai kemacetan tersebut, Rahudman berencana melebarkan ruas Jalan Flamboyan Raya.

“Saya minta Pasar Melati ini harus bebas dari kemacetan. Sebab, banyak warga yang tinggal di kawasan ini mengeluh akibat setiap harinya selalu terjebak dalam kemacetan. Untuk itu kita akan melebarkan ruas Jalan Flamboyan Raya ini,” kata Rahudman saat meninjau Pasar Melati bersama sejumlah pimpinan SKPD di lingkungan Pemko Medan, Rabu (3/4).

Untuk melakukan pelebaran jalan, jelas Rahudman, tentunya tanah maupun rumah warga yang terkena pelebaran harus diganti  rugi. Sejauh ini warga mengaku ganti rugi yang dilakukan belum tuntas. “Kita akan melakukan pendekatan kembali sehingga kemacetan yang terjadi bisa diatasi,” ujar Rahudman.

Dia mengatakan, Pasar Melati merupakan pasar swasta namun harus dikelola dengan baik agar menjadi tempat transaksi jual beli yang baik.

Untuk itu, pedagang yang berjualan di atas badan jalan harus ditertibkan, sebab kehadiran mereka menjadi salah satu pemicu terjadinya kemacetan. Ditambah lagi kehadiran becak bermotor yang sengaja mangkal di pinggir jalan menunggu penumpang.

“Karena itu, sebelum dilakukan pelebaran langkah pertama yang dilakukan yakni menertibkan para pedagang kaki lima. Artinya,  pedagang kaki lima jagan lagi menggelar lapak di badan maupun pinggir jalan sehingga ruas jalan lebih lebar. Dengan begitu kemacetan dapat terurai sedikit demi sedikit,” tandasnya.

Untuk melakukan penertiban terhadap pedagang kaki lima, Rahudman mengistruksikan Camat Medan Tuntungan Gelora Ginting berkoordinasi dengan instansi terkait dengan lebih mengutamakan pendekatan persuasif. Termasuk, para pengemudi becak bermotor yang selama ini mangkal di pinggir jalan.

Diberi Pisang

Kehadiran Wali Kota Medan bersama sejumlah pimpinan SKPD di lingkungan Pemko Medan tersebut mendapat apresiasi penuh dari para pedagang maupun warga setempat.

Begitu melihat wali kota turun dari mobil dinas dan berjalan kaki menuju Jalan Seroja, persis di depan Pasar Melati, sejumlah warga dan pedagang langsung datang dan menyalami wali kota.

Selanjutnya, beberapa di antaranya menyampaikan sejumlah keluhan terkait Pasar Melati maupun infrastruktur jalan kepada wali kota.

Kepada warga tersebut, Rahudman berjanji akan segera menindaklanjutinya. Kemudian dia juga melihat sejumlah warga dan pedagang tengah bergotong royong mengangkut sendimen lumpur yang selama ini mengendap di dasar parit.

Wali Kota Medan sangat mengapresiasi gotong royong yang dilakukan warga itu. Dia berharap hal seperti itu rutin dilakukan agar parit tidak tersumbat.

Ketika meninggalkan Pasar Melati, salah seorang ibu paruh baya yang merupakan pedagang berlari mendatangi wali kota untuk menyerahkan satu sisir pisang barangan.

“Pisang ini hasil tanaman saya sendiri, pak. Pisang ini saya berikan sebagai ucapan terima kasih karena bapak yang sangat memperhatikan para pedagang dan warga di sini,” kata perempuan itu.
Rahudman pun tertegun dan terharu atas pemberian pedagang tersebut. Kemudian dia merangkul bahu wanita paruh baya itu sambil mengucapkan terima kasih. “Terima kasih atas pemberiannya,” ujar Rahudman sambil menepuk bahu perempuan itu.(BEN)
sumber : harianandalas

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *