TRUK MUATAN BATU PULUHAN TON RESAHKAN PENGENDARA

BIREUEN, KOMPAS.com – Pengendara yang melintas di Jalan Negara, Kota Bireuen, merasa resah dengan truk galian C yang berseliweran mengangkut batu koral puluhan ton. Mereka khawatir batu-batu tersebut mengancam keselamatan jiwa pengendara sepeda motor maupun mobil.

Penuturan Marzuki Ahmad, pemilik warung kopi di pinggiran Kota Peudada, hampir setiap hari truk-truk bermuatan batu koral tanpa dipasang pengaman memadai melintasi Jalan Negara yang melewati Peudada. Laju truk juga tak main-main, kerap berkecepatan tinggi bahkan tak segan memotong kendaraan lain.

“Kalau yang diangkut kerikil kecil, sering berterbangan karena ditutup ala kadar menggunakan terpal. Lantas kalau batu koral yang besarnya puluhan ton, jika terjadi sesuatu dikhawatirkan menimpa kenderaan lain yang berpenumpang,” ujar Marzuki, Minggu (31/3/2013).

Hal senada diungkapkan Aminullah, pedagang kelontong di kawasan Jeumpa. Ia heran dengan Dinas Perhubungan setempat yang tak pernah merespon kondisi meresahkan tersebut.

“Padahal truk-truk tak berpengaman sesuai itu kerap melintas jalan negara yang bisa dipergoki untuk diambil tindakan agar tidak mengancam keselamatan jiwa pengguna jalan lainnya,” ujarnya.

Diakuinya, rasa was-was dan khawatir kerap terasa jika berpapasan dengan truk tersebut. Meski begitu, dia tidak bermaksud menutupi mata pencaharian orang lain, melainkan memperhatikan keselamatan jiwa pengendara dengan memasang pengaman sesuai saat melintas.
sumber : kompas

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *