MAHASISWA TOLAK RELOKASI PASAR ANGSO DUO

JAMBI, KOMPAS.com – Mahasiswa di Jambi menolak rencana Pemerintah Provinsi Jambi menyerahkan relokasi dan pengelolaan Pasar Angso Duo Jambi kepada pihak ketiga. Mahasiswa khawatir biaya sewa tempat bagi pedagang bakal mahal.

Penolakan rencana tersebut dalam unjuk rasa mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di Kota Jambi, Minggu (31/3/2013). Dalam aksi, mahasiswa tidak hanya berorasi. Mereka mengumpulkan dukungan berupa tanda tangan para pedagang, mengenai penolakan rencana relokasi oleh pihak ketiga.

Ketua Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI), Heri Gunawan, mengatakan, pada awal April ini pemerintah akan memastikan pengelolaan Pasar Angso Duo oleh swasta atau BUMD. Pihaknya menilai relokasi dan pengelolaan Pasar Angso Duo tidak perlu diserahkan kepada pihak ketiga. Hal itu hanya akan menimbulkan biaya relokasi membengkak, berdampak pada tingginya ongkos sewa kios dan los bagi pedagang.

“Pemerintah beralasan tidak punya dana untuk merelokasi pasar, tetapi pemerintah bisa mengadakan pembangunan lainnya yang tidak cukup penting. Ini kami sesalkan,”  tuturnya.

Heri mencontohkan, pembangunan jembatan gantung Genta Arasy yang menghubungkan pusat Kota Jambi dan Seberang Kota Jambi menelan anggaran Rp 80 miliar, tetap dilaksanakan. Padahal pembangunan tidak bernilai urgensi.

“Pembangunan relokasi pasar demi kepentingan ribuan pedagang kecil, mestinya pemerintah lebih berani mengucurkan dana, bukan malah menyerahkannya pada pihak ketiga,” kata Heri.

Jumlah pedagang di Pasar Angso Duo berkisar 3.200 orang. Sebagian pedagang memadati bagian luar pasar, karena mudah diakses pembeli. Bagian dalam pasar kerap becek dan bau tidak nyaman untuk pembeli, sehingga hampir selalu sepi pengunjung.

Di musim penghujan, pasar tergenang banjir karena lantainya lebih rendah dari muka air Sungai Batanghari.

Relokasi pasar bertujuan menciptakan pasar tradisional yang nyaman. Angso Duo sebagai ikon Jambi akan semakin ramai pembeli dan bisa menjadi aset wisata belanja.

Rencana relokasi Angso Duo sudah sejak 2009. Pasar yang lama akan dipindah ke tempat baru yang berjarak hanya sekitar 100 meter.
sumber : kompas

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *