RUMAH SAKIT APUNG AKAN KE BELITUNG TIMUR

Setelah itu rumah sakit apung ini akan melanjutkan pelayanan ke Pulau Kalimantan.

JAKARTA – Yayasan Dokter Peduli DoctorSHARE akan memberikan pelayanan medis gratis di Belitung Timur, Bangka Belitung, menggunakan Rumah Sakit Apung pada 2-4 April 2013.

Berdasarkan siaran pers yang diterima Antara di Jakarta, Rabu (27/3), dalam pelayanan tersebut DoctorSHARE bekerja sama dengan Pemerintah Daerah dan Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung Timur.

Rumah Sakit Apung DoctorSHARE merupakan kapal pinisi yang dimodifikasi menjadi rumah sakit, dengan ukuran 23,5 x 6,55 meter dengan fasilitas rumah sakit seperti ruang periksa, kamar bedah, kamar rontgen, laboratorium, ruang rawat pasien, ruang arsip, kamar dokter, kamar perawat, kamar karyawan, ruang diskusi, dapur, toilet, serta ruang kemudi kapal.

DoctorSHARE menyatakan Rumah Sakit Apung akan berlayar dari Jakarta tanggal 31 Maret 2013 dan diperkirakan tiba di Belitung Timur pada 1 atau 2 April 2013.

Rumah Sakit Apung kemudian akan bersandar di Pelabuhan Ikan Gantung, Kabupaten Belitung Timur.

Dalam pelayanan medis di Belitung Timur, DoctorSHARE akan menerjunkan 12 dokter, dua perawat, dan empat relawan nonmedis. Kegiatan ini juga akan dibantu oleh dua dokter dan delapan perawat dari Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung Timur.

Pelayanan medis yang akan diberikan berupa pengobatan umum dengan target sekitar 400 warga, bedah minor 15 warga, dan bedah mayor bagi 3-5 warga.

Bedah minor akan dilakukan terhadap sebagian warga pada 2 April 2013. Sisa bedah minor dan pelayanan medis lainnya akan berlangsung tanggal 3 April 2013.

Sementara itu pada 4 April 2013, DoctorSHARE akan mengunjungi pasien post-operasi mayor dan melakukan koordinasi selanjutnya dengan tenaga kesehatan rumah sakit setempat.

Rencananya dari Belitung Timur, Rumah Sakit Apung DoctorSHARE akan melanjutkan pelayanan medis ke Pulau Kalimantan dan berlanjut ke wilayah-wilayah lain di pelosok Indonesia guna membantu meringankan beban saudara-saudara kita yang butuh layanan medis namun terkendala geografis dan finansial.

Sebelumnya DoctorSHARE melalui Rumah Sakit Apung telah memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Pulau Panggang, Kepulauan Seribu pada 16-17 Maret 2013.

Atas kerja sama dengan pemerintah, seluruh warga yang berobat dan mendapat tindakan bedah di Rumah Sakit Apung tidak dipungut biaya.
sumber : shnews

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *