TENAGA HONORER AKAN JADI CPNS

Starberita – Rantauprapat, Pemerintah dalam waktu dekat segera akan mengangkat tenaga honorer menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS). Pengangkatan itu sesuai dengan peraturan pemerintah nomor 56 tahun 2012, tentang perubahan kedua atas peraturan pemerintah nomor 48 tahun 2005 tentang pengangkatan tenaga honorer menjadi calon pegawai negeri sipil pada tanggal 16 Mei 2012.

Peraturan pemerintah itu ditindaklanjuti dengan peraturan kepala badan kepegawaian Negara nomor 9 tahun 2012 tentang pedoman pelaksanaan calon pegawai negeri sipil.“Ini berarti tenaga honorer yang penghasilannya dibiayai dari APBN dan APBD (tenaga honorer kategori-I) diangkat menjadi CPNS formasi tahun anggaran 2012”, kata Sekdakab H Ali Usman Harahap SH, ketika menyampaikan arahan dan bimbingannya pada aepl gabungan di lapangan Diklat BKD, Senin (25/3).

Ali Usman mengatakan, pada akhir tahun 2012 yang lalu tenaga honorer Pemkab Labuhanbatu kategori I yang telah lulus verifikasi dan validasi oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP), telah melengkapi data administrasi untuk diangkat menjadi CPNS.

Berkas tersebut telah dikirimkan Pemkab Labuhanbatu ke BKN Regional IV Medan untuk diproses mendapatkan nomor induk pegawai (NIP). Dari berkas yang telah dikirmkan tersebut, kata Ali Usman, ada kemungkinan masih terdapat kekurangan-kekurangan berkas/data administrasi yang harus kita penuhi.

Oleh karena itu, tambahnya, diharapkan kepada kepala SKPD yang memiliki tenaga honorer kategori I untuk menginformasikan dan memberi pengertian agar tidak terjadi kesalahpahaman yang berdampak negatif. Saat ini kita semua menunggu proses dari BKN dan diharapkan kesabaran kita semua terutama tenaga honorer kategori I untuk menunggu proses tersebut.

Sementara itu, kata Ali Usman, untuk tenaga honorer yang penghasilannya tidak dibiayai dari anggaran APBD dan APBD (tenaga honorer kategori II) dapat diangkat menjadi CPNS sesuai dengan kemampuan keuangan Negara berdasarkan formasi sampai dengan tahun anggaran 2014 melalui pemeriksaan kelengkapan administrasi dan lulus seleksi ujian tertulis kompetensi dasar dan kompetensi bidang sesame tenaga honorer.

Tenaga Honorer Kategori II Pemkab Labuhanbatu yang datanya telah dikirim ke BKN dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi sebanyak 600 orang tediri dari tenaga teknis, penyuluh, kesehatan dan guru.

Dalam waktu dekat, jelasnya, nama-nama tenaga honorer kategori II tersebut akan diumumkan dan diuji publik. Apabila terdapat pengaduan-pengaduan bahwa tenaga honorer tersebut tidak benar bekerja, maka data tenaga honorer tersebut akan ditinjau kembali.

Oleh karena itu, diminta kepada kepala SKPD agar jeli dan hati-hati mengeluarkan surat pernyataan aktif sebagai tenaga honorer tersebut. Apabila membuat pernyataan yang tidak benar, maka kepala SKPD akan dijatuhi sanksi oleh Pemkab Labuhanbatu dan tentu saja akan dituntut secara pidana karena telah merugikan keuangan Negara.

Pada kesempatan itu Ali Usman menegaskan, bahwa dalam waktu dekat Pemkab Labuhanbatu akan membentuk tim monitoring pelaksanaan apel pagi dan apel sore. Tim monitoring tersebut bertugas untuk mengevaluasi tingkat kehadiran PNS pada apel pagi dan sore. Selanjutnya , Satuan Polisi Pamong Praja dan anggota Linmas akan ditugaskan untuk merazia PNS dan CPNS yang berada diluar kantor pada saat jam kerja.

Pada bagian lain arahannya Ali Usman mengatakan, perubahan menuju arah yang lebih baik telah dimulai dan akan terus berjalan. Suka atau tidak suka, siap atau tidak siap, baik yang optimis ataupun yang pesimis, semua akan dilanda perubahan.

Birokrasi yang lama berkarat dan menguntungkan beberapa pihak dengan cara yang tidak benar akan berubah menjadi birokrasi yang efektif dan mendukung profesionalisme, disertai pengawasan yang akurat dan kompensasi yang tepat. “Ketidaksiapan dan rasa pesimis hanya akan membuat kita tertinggal dan terlindas perubahan itu sendiri”, tegas Ali Usman.(one/MBB)
sumber: starberita

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *