GUBSU TUTUP MTQN KE-46, MEDAN JOHOR JUARA UMUM

Medan, (Analisa). Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho ST menutup secara resmi Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) ke-46 Tingkat Kota Medan Tahun 2013 di Lapangan Cadika Pramuka Jalan Karya Wisata Kelurahan Gedung Johor, Kecamatan Medan Johor, Selasa (26/3) malam.

Kecamatan Medan Johor berhasil meraih juara umum dengan 81 point dengan perincian, juara I (12 orang), juara II (6) dan juara III (3). Juara umum II, Medan Polonia dengan 40 point dengan perincian juara I (3), juara II (7) dan juara III (4),  sedangkan juara umum III Kecamatan Medan Marelan dengan 26 point yakni juara I (3), juara II (3) dan juara III (2).

Gatot menjelaskan, pelaksanaan MTQN diharapkannya dapat memberikan bekas dan pengaruh positif terhadap para peserta dan masyarakat Kota Medan secara umumnya.

“Saya mengharapkan MTQ ini memiliki nilai ataupun pengaruh positif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Seperti kita ketahui bersama Alquran merupakan sumber motivasi dan inspirasi, serta selalu menjadi petunjuk,” katanya.

Dia menambahkan, jika ingin mencintai Kota Medan, maka jadikanlah kota ini sebagai kota metropolitan yang religius.

“Kita terinspirasi mengapa Rasulullah menjadikan Kota Madinah Al Munawarah menjadi kota metropolis yang indah dan penuh nur (cahaya) Illahi. Padahal sebelumnya Madinah merupakan kota yang tidak dikenal oleh peradaban. Tetapi ketika Alquran membumi di kota itu, jadilah Madinah sebagai kota metropolis yang religi,” ungkapnya.

Atas dasar inspirasi tersebut, Gatot mengharapkan Medan dapat menjadi kota metropolitan yang religius dan juga menjadi centre untuk kawasan Mebidangro (Medan, Binjai, Deliserdang dan Karo), terutama dalam pembangunan mental dan spiritual. “Sekali lagi saya tekankan MTQ ini bisa memiliki bekas dan pengaruh spirit yang positif bagi kita semua,” harapnya.

Untuk pembaca terbaik I cabang Mujawwad golongan dewasa putra dan putri Tahfizhul Qur’an 30 juz golongan putra dan putri Pemko Medan memberikan tambahan hadiah ibadah haji. Di samping itu juga akan diberikan uang pembinaan kepada pemenang juaraI, II, III serta harapan I,II dan III putra dan putri untuk semua cabang perlombaan. Khusus pembaca terbaik I cabang Mujawwad golongan dewasa putra dan putri akan diangkat menjadi penyuluh honorer di Kementrian Agama Kota Medan.

Dampak Positif

Sebelumnya Walikota Medan H Rahudman Harahap berkeyakinan pelaksanaan MTQ yang telah berlangsung sejak 19 Maret  mampu memberikan dampak positif bagi pengembangan syiar Islam, sekaligus mempererat hubungan persaudaraan  serta ukhuwah Islamiyah di antara sesama, khususnya umat Muslim.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Walikota mengajak semau untuk mendukung Kecamatan Medan Helvetia yang akan menjadi tuan rumah  MTQN Kota Medan ke-47 Tahun 204.

Adapun hasil MTQN ke 46 tingkat Kota Medan antara lain, cabang tilawah golongan anak-anak putra, Juara I, II, III, Abdul Rahim Harahap (M Johor), Ahmah Mahalli Mulia Lubis (M Barat), M Alawi (M Marelan). Golongan anak-anak putri, Juara I, II, dan III, Fatma Mutiah (M Denai, Zaini Aqmar (M Marelan) dan Rahima Aini (M Amplas).

Golongan remaja putra, juara I, II dan III, Farhan Muhammadi (M Deli), Muhammad Adlika Ikhwan Nasution (M Polonia), dan Hadi Gunawan Tanjung (M Area). Putri, Fajar Mulia Nisa Agustina (M Johor), Zakia Khairani (M Polonia), dan Irma Albani (M Maimun).

Dewasa Putra, Juara I, II dan III, Madkasad Lubis (M Johor), Ahmad Husein SPI (M Deli), Muhammad Azrai Nasution (M Petisah). Putri, juara I, II, III (Hj Rika Harnita, SE (M Area) Dewi Fadhillah (M Marelan), dan Sri Wahyuningsih (M Johor).

Golongan 30 juz putra, Juara I, II dan III Zaki Al Farizy (Medan Kota), Ahmad Sholihin (M Johor), dan Salman Alfarisy (M Polonia). Putri, juara I tidak ada, juara II, dan III, Gernawati Siregar (M Perjuangan), dan Siti Fatimah (M Barat). (maf)
sumber: analisadaily

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *