PER 1 APRIL, JADWAL PERJALANAN KERETA API BERUBAH

MedanBisnis – Medan. Jadwal perjalanan kereta api (KA) di Medan sejak 1 April mendatang berubah. Perubahan itu ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan dari Kementrian Perhubungan Direktorat Jenderal Perkeretaapian No KA/407/SK.26/DJKA/2/13 tanggal 25 Februari 2013 tentang Pelaksanaan Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) tahun 2013 yang berlaku mulai 1 April 2013.
“Perubahan jadwal KA itu diberlakukan di seluruh PT KAI se Indonesia. Selain itu, perubahan jadwal juga berdasarkan PP nomor 77 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan kereta api, grafik perjalanan kereta api (Gapeka) yang merupakan pedoman bagi para pengatur dan pengendali perjalanan kereta api yang harus dibuat dan diperbaharui setiap satu tahun sekali,” kata Humas PT KAI Divre Sumut dan NAD Rapino, kemarin di Medan.

Rapino menjelaskan, perubahan jadwal perjalanan KA ini merupakan penyempurnaan khususnya dalam hal pengendalian KA. Menurutnya, beberapa faktor yang menjadi pertimbangan perubahan tersebut, misalnya perubahan waktu tempuh perjalanan, pengurangan atau perpanjangan relasi perjalanan kereta api barang, penambahan 26 perjalanan KA Bandara Kualanamu dan termasuk pemanfaatan jalur baru sebagai upaya memenuhi keinginan pasar .

“Hal itu, supaya jadwal kereta api dapat sinergi dengan moda transportasi lainnya. Tentunya perubahan tersebut memprioritaskan faktor keselamatan keamanan dan kelancaran operasi kereta api,” ungkapnya.

Dikatakannya, perubahan jadwal akan disosialisasikan melalui brosur di stasiun kereta api dan media. “Ada yang jadwalnya dimajukan ada juga yang dimundurkan,” tegasnya.(sulaiman achmad)
sumber: medanbisnisdaily

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *