13 PERUSAHAAN AMBIL DOKUMEN LELANG PENYEDIA BUS KUALANAMU

MedanBisnis – Medan. Sekitar 15 perusahaan angkutan umum melirik peluang bisnis sebagai penyedia bus dan taksi pemadu moda Bandara Kualanamu. Namun, masih 13 perusahaan yang telah mengambil dokumen draf lelang lelang jasa pelayanan serta persyaratan yang wajib dipenuhi di Kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Sumut maupun melalui website www.dishubsu.com.
13 perusahaan yang berminat dan mengambil draf dokumen lelang itu antara lain PT ALS, PT Damri, Puskopau, PT Ekspres Limo Nusantara, Legutrans Ekspres, Kostar, PT Sentosa, Sampri, PT Prima Jasa, PT Bluebird, PT Bintang Utara, PO Karona dan PT Sutra.

Sebagian besar perusahaan melayani angkutan umum jenis bus dan beberapa perusahaan jasa angkutan umum taksi. “Mereka mulai mengambil draf dokumen lelang baik melalui website maupun datang ke kantor langsung. Mereka masih belum menyatakan berat atau tidak, namun mencoba memenuhi persyaratan yang diminta panitia,” kata Kabid Angkutan Darat Dishub Sumut Darwin kepada MedanBisnis, Jumat (8/3) di Medan.

Darwin mengatakan 13 perusahaan yang mengambil draf ini juga menyatakan melakukan verifikasi terhadap setiap persyaratan maupun dokumen yang diminta. Selain persyaratan yang wajib dipenuhi, pihaknya juga meminta pada calon peserta tender untuk membuat dokumen proposal tarif, dokumen administrasi dan dokumen teknis.

“Kita tidak melakukan pengadaan barang, namun melakukan lelang jasa pelayanan yang bersedia memenuhinya. Pelayanan dan izin yang kita lelang pada peserta. Untuk armada, pihak pemenang tender nantinya yang akan melakukan pengadaannya,” ujarnya.

Pihaknya kata Darwin, bersifat objektif. Sebab, pelayanan transportasi angkutan pemadu moda Kualanamu yang ditenderkan pihaknya bertaraf internasional dan Quality Lisence (kualitas). Jadi, meskipun perusahaan angkutan tersebut jasa angkutan nasional dan terkenal namun tidak bisa memenuhi persyaratan, panitia tetap akan mencoret calon peserta.

Paket yang ditenderkan itu antara lain izin trayek bus pemadu moda rute Medan Fair Carrefour-Bandara Kualanamu, izin trayek bus pemadu moda rute Home Centra Ringroad-Bandara Kualanamu, izin trayek bus pemadu moda rute Amplas-Bandara Kualanamu.

Lalu, izin trayek bus pemadu moda rute Kabanjahe-Bandara Kualanamu, izin trayek bus pemadu moda rute Pematang Siantar-Bandara Kualanamu, izin trayek bus pemadu moda rute Binjai-Kualanamu dan izin operasi taksi pemadu moda Bandara Kualanamu. (sulaiman achmad)
sumber: medanbisnisdaily

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *