TAHUN INI PTKI NEGERI MEDAN DIRIKAN PABRIK MINI KELAPA SAWIT

Medan, (Analisa). Tahun ini PTKI Negeri Medan akan mendirikan pabrik mini kelapa sawit, dengan tujuan lulusan PTKI memiliki standar kelayakan sebagai operator pabrik sawit yang siap bekerja di industri.

Selain itu, juga akan membentuk lembaga sertifikasi profesi (LSP).

Kepala PTKI Negeri Medan, H Mansyur ST MSi melalui Pembantu Kepala IV Bidang Kerjasama Industri, Ir Adil Barus MSi mengungkapkan hal itu saat menutup acara Seminar bertema “Kunjungan Kampus dan Sosialisasi Pemagangan” yang disampaikan Manajer Humas Ecogreen Oleochemical, Paimin Siahaan SE MHum, Jumat (22/3) sore di kampus setempat Jalan Medan Tenggara VII Medan.

Dijelaskannya, pabrik mini kelapa sawit yang akan dibangun sesuai konsetrasi keahlian PTKI Medan yang diharapkan pemerintah. Sebab PTKI Medan merupakan salah satu perguruan tinggi negeri di Sumut di bawah naungan kementerian Perindustrian RI.

“Pabrik mini kelapa sawit tersebut selaras dengan program Master Plant Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI,” ungkap Adil Barus.

Terkait dengan itu dan untuk menunjang kompetensi mahasiswa di bidang operator kelapa sawit, PTKI terus berkomitmen membangun sinergisitas dengan dunia industri sehingga tidak ada kesenjangan dengan teknologi yang dimiliki industri.

Behavior

Sementara itu, Manajer Humas Ecogreen Oleochemical, Paimin Siahaan mengapresiasi program pendidikan teknologi dilakukan PTKI Medan, namun dia menyarankan agar PTKI memiliki mata kuliah Behavior Kompetensi.

“Behavior Kompetensi diperlukan agar para lulusan yang telah memiliki keahlian teknologi, juga memiliki landasan perilaku dan dedikasi yang baik dalam mendukung kerjanya di industri.,” ujarnya.

Terkait program magang yang dilakukan PTKI Medan ke dunia industri, Paimin yang juga Ketua Forum Komunikasi Jejaring Pemagangan (FKJP) Kepulaun Riau ini, mengatakan sangat diperlukan supaya dunia kampus tidak tertinggal dengan dunia industri.

Magang yang diprogramkan pemerintah juga, katanya sangat baik untuk menempah diri mahasiswa, agar benar – benar siap nantinya terjun ke industri.

Pada saat magang lanjut Paimin, khusus di Ecogreen Oleochemical, pihaknya juga akan menempah perilaku para peserta magang agar mereka benar – benar loyal dan siap terjun kedunia industri.

Turut hadir pada acara tersebut, HRD Officer, Rudyanto STMM, dan K Simanjuntak serta Dosen PTKI Medan, Poltak A, ST MT dan Bukhari ST serta diikuti ratusan mahasiswa. (twh)
sumber: analisadaily

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *