PULUHAN PENUMPANG SELAMAT DARI KEBAKARAN KAPAL CEPAT

Pekanbaru (ANTARA News) – Puluhan penumpang kapal cepat Tenggiri Express dengan nomor lambung 07 selamat dari insiden kebakaran yang menghanguskan armada komersial itu.

“Peristiwa itu terjadi saat speedboat tengah bersandar di kawasan perairan Sungai Guntung, Kecamatan Kateman, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau, Sabtu (23/3),” kata Kapolres Indragiri Hilir AKBP Dedi Rahman Dayan ketika dihubungi per telepon dari Pekanbaru, Minggu.

Ketika insiden terjadi, demikian Kapolres, puluhan penumpang tengah bergantian untuk masuk ke dalam speedboat.

“Semuanya berhasil selamat. Hanya saja, sebagian barang bawaan hangus terbakar di dalam kapal. Kerugian ditaksir mencapai Rp1,5 miliar,” katanya.

Informasi kepolisian menyebutkan, kapal cepat tersebut sebelumnya berangkat dari Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Setibanya di wilayah perairan Kabupaten Indragiri Hilir, menurut informasi, speedboat tersebut kemudian langsung mengangkut para penumpang dengan tujuan Kepulauan Riau.

“Bahkan menurut keterangan kapten kapal, Muslimin (34), kapal itu sempat mengisi bahan bakar minyak di salah satu stasiun yang berada di sekitar pengangkutan penumpang,” kata Kapolres.

Namun pada saat bersamaan, kata dia, seorang anak buah kapal berteriak kalau ada percikan api di bagian belakalang kapal.

Ketika itu, seluruh penumpang langsung berhamburan keluar dari badan kapal untuk menyelamatkan diri.

“Api begitu cepat membesar karena BBM yang digunakan kapal adalah jenis premium. Kebakaran kapal baru dapat diatasi setelah dua jam kemudian,” katanya.

Perusahaan pelayaran komersial itu kini tengah diproses aparat kepolisian setempat.(Ant)

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *