PRIA BISA TERKENA OSTEOPOROSIS

Jakarta (ANTARA News) – Kekurangan kalsium dan osteoporosis umumnya menyerang perempuan menopos, tapi ternyata pria dengan kondisi tertentu juga bisa terserang osteoporosis, lapor Boldsky.

Kekurangan vitamin D akut bisa membuat pria menderita osteoporosis. Tanpa vitamin D, kalsium tak bisa diserap tulang.

Oleh sebab itu, kekurangan vitamin D akut menyebabkan pria terserang osteoporosis.

Gaya hidup sebagian pria sekarang membuat mereka enggan terpapar sinar matahari, padahal matahari adalah salah satu sumber vitamin D.

Pola makan yang salah juga bisa menyebabkan pria kekurangan asupan kalsium sehingga tulang mengeropos saat manula.

Saat usia pria berada di atas 60 tahun, sistem dalam tubuh mulai goyah sehingga kekurangan kalsium meningkatkan faktor risiko osteoporosis.

Lebih lanjut, kebiasaan buruk seperti merokok dan mengkonsumsi alkohol juga bisa membuat pria lebih rentan dari masalah tulang. Perokok cenderung kekurangan kalsium dibandingan orang tidak merokok.

Boldsky melaporkan, gangguan fungsi ginjal kronik juga memicu tubuh kehilangan asupan kalsium lebih dari biasanya.

Kondisi ginjal yang terganggu akan mempengaruhi keseimbangan hormon testosteron, sementara kekurangan hormon makin membuat tulang rapuh karena hormon ini berfungsi melindungi kepadatan tulang.

Terakhir, kurangnya berolahraga dan obesitas juga menjadi penyebab osteoporosis, karena tekanan yang diterima tulang membuat tulang semakin rapuh, terutama bila kurang berolahraga.(Ant)

This entry was posted in Berita, Informasi Kesehatan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *