KPK PERIKSA STAF AHLI MENTAN SUSWONO

Kasus Suap Daging Impor

Jurnas.com | KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK), Jumat (22/3) hari ini kembali menggelar pemeriksaan saksi terkait penyidikan kasus dugaan suap kuota impor daging di Kementerian Pertanian (KPK).

Kali ini giliran anak buah Menteri Pertanian. Suswono yaitu Staf Ahli Menteri Bidang Investigasi Pertanian, Prabowo Respatiyo Caturroso yang dimintai keterangan sebagai saksi kasus dugaan suap Rp1 miliar tersebut.

”Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi,” ujar Kepala Bagian Pemberitaan dan Informasi KPK, Priharsa Nugraha.

Prabowo sendiri diketahui telah hadir di kantor KPK, Setiabudi, Jakarta Selatan guna menjalani pemeriksaan dalam kapasitas sebagai saksi itu.

Pemeriksaan terhadap Prabowo Respatiyo Caturroso itu sendiri diduga bagian dari langkah lanjutan KPK mendalami kaitan Kementan dalam kasus dugaan suap impor daging sapi. Pasalnya Kementan memiliki kewenangan menentukan kuota setiap perusahaan yang ingin turut serta dalam impor daging sapi. Adapun terkait izin berada di Kementerian Perdagangan.

Selain Prabowo, KPK juga menjadwalkan pemeriksaan sejumlah saksi lainnya dari pihak swasta dan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Saksi dari pihak swasta tersebut berjumlah empat orang yaitu Dina Zelvia, Eka Juniatin serta PNS bernama Ahmad Fikri.

Terkait kasus ini sendiri, KPK telah menetapkan empat orang tersangka. Keempat tersangka yaitu mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Luthfi Hasan Ishaq dan tiga orang lainnya yaitu, Direktur PT.Indoguna Utama, Juard Effendi dan Arya Abdi Effendi serta Ahmad Fathanah yang diduga berperan sebagai kurir uang suap sekaligus sebagai teman dekat Luthfi Hasan Ishaq.
sumber: jurnas

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *