PENANGKAR HARUS BISA HASILKAN BIBIT BERKUALITAS

MedanBisnis – Medan. Penangkar sebagai penghasil berbagai jenis bibit pertanian harus mampu menciptakan bibit yang berdaya saing di pasaran sehingga mampu mengangkat potensi daerah.
Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pertanian Sumatera Utara (Sumut), M Roem dalam acara pelantikan pengurus Asosiasi Penangkar Tanaman Sumatera Utara (Aspenta Sumut) periode 2012 – 2016 dan Aspenta Daerah periode 2012 – 2015 di Aula Suratman, Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara, Rabu (20/2) di Medan.

Dikatakan Roem, penangkar tanaman memilikin peran yang sangat penting khususnya untuk mengembangkan varietas-varietas unggul yang dimiliki daerahnya. Selama ini, lanjutnya, sudah ratusan varietas buah dan sayuran yang dirilis Kementerian Pertanian dari Sumut. “Ini membuktikan bahwa Sumut memiliki potensi kekayaan hayati yang besar,” katanya.

Ia mencontohkan, durian, dan kuini dari Nias, Tapanuli Selatan ataupun Dairi merupakan varietas unggul yang penting untuk lebih dibudidayakan. Penangkar kata Roem juga harus bisa menghasilkan produk yang berkualitas dengan keunggulan tertentu  dan mengajukannya sebagai varietas unggul daerah sehingga bisa dilepas dari Kementrian Pertanian. “Ke depan, untuk merilis varietas ada uji DNA, sehingga tidak akan ada varietas dengan ciri yang sama dikeluarkan dua kali,” ujarnya.

Dikatakannya, dengan dilantiknya pengurus Aspenta Sumut dan Aspenta Simalungun, Siantar, Binjai, Langkat, Sibolga, Tapanuli Tengah, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Medan dan Karo, bisa menjadi spirit baru bagi penangkar untuk menghasilkan  produk yang berkualitas dan berdaya saing.

Selain itu, dengan adanya Aspenta di daerah bisa menjadi ajang komunikasi antar kabupaten untuk lebih mengetahui ataupun mengembangkan varietas potensial dengan daerahnya.

Ketua Aspenta Sumut yang baru dilantik, AN Kelaras mengatakan, penangkar Sumut yang tergabung dalam Aspenta Sumut selama ini sudah menghasilkan produk yang berkualitas. Varietas yang dirilis Kementerian Pertanian merupakan karya penangkar. “Harapannya setelah pelantikan ini, seluruh program yang direncanakan bisa dikerjakan secara bersama-sama,” katanya.

Adapun kepengurusan Aspenta periode 2012-2016 ini yang dilantik yakni Ketua Umum terpilih A N Kelaras, Sekretaris Umum, Ahmad Ganni Daulay, Bendahara Umum, Sri Wahyuni Naibaho serta kepengurusan lainnya tingkat provinsi dan kabupaten/kota. (dewantoro)
sumber: medanbisnisdaily

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *