JALAN MADINA SUDAH BISA DILALUI

MEDAN – Jalan lintas pantai barat di Desa Tano Bato, Kecamatan Panyabungan Selatan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Provinsi Sumatera Utara, yang mengalami longsor kini dapat dilalui kendaraan bus, mobil dinas dan mobil pribadi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Madina, Risfan Juliardi dihubungi dari Medan, Jumat mengatakan, jalan yang ditutup tanah longsor, batu besar dan pohon kayu yang melintang sudah dibersihkan dan tidak ada lagi hambatan.

Menurut dia, jalan darat yang menghubungkan tujuh kecamatan di Kabupaten Madina itu sudah aman dan tidak ada lagi rintangan.

“Jalan di Panyabungan tersebut sudah lancar, dan tidak ada lagi kemacetan atau antrean.Dan barang hasil pertanian dan perkebunan dari sejumlah desa di Madina sudah bisa diangkut ke berbagai daerah tujuan seperti Padang Sidempuan, Medan dan Sumatera Barat,” ujarnya, hari ini.

Sebelumnya, peristiwa longsor tersebut terjadi Rabu (20/2) sekitar pukul 07.00 WIB, mengakibatkan puluhan bus dan mobil pribadi tidak bisa lewat dan terpaksa menunggu tanah tumpukan di badan jalan dapat dibersihkan.

Longsor yang terjadi akibat hujan turun sangat lebat pada malam hari itu, menutup badan jalan sepanjang 20 meter dengan ketebalan mencapai 7 meter.Bahkan antrean kendaraan mencapai lebih kurang 5 km di Jalan Panyabungan tersebut.

Risfan mengatakan, untuk membersihkan tumpukan tanah longsor dan pohon kayu besar yang patah, pihak Pemerintah Kabupaten Madina terpaksa mengerahkan 4 unit traktor besar dan beberapa unit diantaranya adalah milik pengusaha di daerah tersebut.

Sejumlah petugas BPBD Madina, dibantu pengawai di Kecamatan Panyabungan Selatan, Desa Tano Bato dan warga masyarakat setempat bekerja keras untuk menyingkirkan batu dan kayu yang patah yang menghempang jalan tersebut.

Dia menjelaskan, memang dalam beberapa minggu ini cuaca ekstrem sering terjadi di wilayah Pantai Barat Sumut itu, misalnya terjadi banjir di Kecamatan Naga Juang dan Kecamatan Panyabungan.

“Masyarakat diminta agar tetap waspada, terjadinya banjir susulan dan fenomena alam berupa tanah longsor dan bencana alam lainnya.Ini perlu diantisipasi untuk menjaga hal-hal yang tidak diingini,” kata Risfan.
sumber: waspada

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

1 Response to JALAN MADINA SUDAH BISA DILALUI

  1. Pingback: VPS Hosting from $19.99

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *