INDONESIA AIR RESMI BEROPERASI DI PEKANBARU

MedanBisnis –  Pekanbaru. Indonesia Air Transport secara resmi beroperasi di Pekanbaru menerbangi rute Bandung-Pekanbaru-Bandung menggunakan armada pesawat jenis Airbus 320, setelah sempat tertunda satu kali pada Sabtu (16/2).
“Akhirnya Indonesia Air resmi beroperasi setelah akhir pekan kemarin batal dilakukan dengan alasan yang tidak jelas,” ujar Airport Duty Manager Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Ibnu Hasan, di Pekanbaru, Jumat (22/2).

Dia menjelaskan, maskapai penerbangan tersebut tiba dari Bandung, Jawa Barat, di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II tepat pukul 16.10 Wib dengan membawa penumpang dari “Kota Kembang”. Kemudian Indonesia Air membawa penumpang yang berjumlah 80 orang, termasuk 10 orang diantaranya adalah pegawai PT Angkasa Pura II Cabang Sultan Syarif Kasim II pada pukul 16.45 Wib.

Dengan kehadiran Indonesia Air, masyarakat Riau dan sekitarnya diberi pilihan untuk terbang ke Bandung yang selama ini hanya mengunakan Indonesia Airasia yang melayani penerbangan setiap hari. “Airasia kini tidak sendiri lagi karena telah ada maskapai baru dan kami berharap kedua ‘air lines’ itu bisa bersaing secara sehat dalam merebut hati penumpang,” katanya.

Station Manager Indonesia Air Tranport Pekanbaru Ericson Pasaribu yang dihubungi secara terpisah mengatakan, maskapai yang memiliki kode registrasi dari Kementerian Perhubungan PK-TAA terbang secara komersil terhitung efektif dimulai pada hari ini.

Sebelumnya Indonesia Air telah menjalani uji coba penerbanga (proving flight) rute yang ditempuh termasuk Pekanbaru-Bandung pada tanggal 14-15 Februari 2013. Indonesia Air Transport (IAT) bernaung di bawah bendera MNC Group dan sebagai salah satu penerbangan yang sudah “go public”.

IAT berdiri sejak 1968, menggunakan pesawat jenis ATR dengan penerbangan reguler serta carter atau disewa oleh perusahaan minyak yang berada di Pulau Kalimantan.

Delapan Rute
Sebelumnya, Dirut PT Indonesia Air Transport Tbk Syafril Nasution saat penerbangan perdana di Bandung, Jumat (22/2) mengatakan, maskapai penerbangan “Indonesia Air” membuka delapan rute penerbangan baru dari Bandara Husein Sastranegara Kota Bandung ke sejumlah kota besar di Indonesia.

“Untuk penerbangan terbaru dari Bandung, ‘Indonesia Air’ mengerahkan dua pesawat Airbus 320, Bandung merupakan persinggahan (hub) yang potensial ke depan sehingga kami memutuskan hadir di rute Bandung,” kata dia.

Rute baru yang dilayani adalah Bandung-Balikpapan, Bandung Palembang, Bandung-Pekanbaru dan Bandung Medan. Sedangkan empat rute lainnya menyusul yakni rute Bandung – Makassar, Bandung – Padang, Bandung – Batam dan Bandung – Denpasar.

Empat rute terakhir, menurut Syafril akan dioperasikan pada Maret 2013 dengan menggunakan pesawat sejenis. “Penerbangan dari dan ke Bandung merupakan rute pertama yang dilayani Indonesia Air dengan menggunakan pesawat jenis A-320, sebelumnya kami telah melayani sejumlah rute di kawasan Indonesia tengah dan timur dengan pesawat jenis Fokker dan ATR,” jelas Syafril.

Syafril menyebutkan, alasan maskapai penerbangan itu merambah jalur Bandung, karena merupakan jalur strategis dan memiliki perkembangan penumpang yang cukup signifikan. Selain itu Bandung belum memiliki rute yang saat ini dibuka oleh Indonesia Air. “Tahap awal kami menargetkan ‘load factor’ 75 persen untuk setiap penerbangan,” katanya.
Salah satu pendukungnya adalah Kota Bandung memiliki potensi wisata, bisnis, pendidikan serta tempat menggelar rapat-rapat dan pertemuan penting. (ant).
sumber: medanbisnisdaily

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

1 Response to INDONESIA AIR RESMI BEROPERASI DI PEKANBARU

  1. Pingback: ce este

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *