BUDIDAYA BUAH LOKAL BUTUH SENTUHAN TEKNOLOGI

MedanBisnis – Denpasar. Guru besar Fakultas Pertanian Universitas Udayana Prof Nyoman Suparta menganggap sampai saat ini budi daya buah lokal belum mendapatkan hasil panen yang optimal sehingga memerlukan sentuhan teknologi.
“Secara alami panen buah lokal tergantung pada musim, akibatnya pada saat musim harga buah lokal anjlok. Hal ini pula yang menyebabkan petani tidak mampu meningkatkan taraf hidupnya,” katanya di sela-sela pembahasan Raperda Perlindungan Buah Lokal di DPRD Provinsi Bali di Denpasar, Selasa (19/2).

Dalam tinjauan ilmiah, agar membuahkan hasil yang berkesinambungan, maka dibutuhkan sentuhan teknologi. “Untuk bisa berlanjut diperlukan penelitian agar menemukan cara baru sehingga musim panen bisa diatur. Tentu diperlukan penelitian dulu,” katanya.

Nyoman Suparta mengatakan untuk melakukan penelitian atau riset satu spesies buah memerlukan biaya tinggi. Oleh larena itu pemerintah harus  memikirkan soal dana penelitian. “Memang biaya penelitian cukup tinggi, bisa saja satu spiesies satu tanaman buah memerlukan dana mencapai miliaran rupiah,” ucapnya.

Untuk menunda panen pada musimnya itu, lanjut dia, bisa dilakukan, tetapi harus terlebih dahulu melakukan penelitian.  “Memang kalau sentuhan teknologi ada sisi positif dan negatifnya. Semisal kalau dengan teknologi tersebut bisa diperlambat atau dipercepat untuk berbuah, tapi efeknya tanaman itu bisa umurnya lebih pendek dari yang hidup secara alami,” kata pria asal Kabupaten Karangasem itu.

Menyinggung tanaman buah salak itu, Nyoman Suparta menganggap bahwa hingga saat ini belum ada penelitian untuk mampu mengatur musim berbuahnya.

“Alasannya yang seperti saya katakan, untuk penelitian memerlukan biaya cukup tinggi, sedangkan dari perguruan tinggi dananya tidak ada. Karena itu kami berharap Pemprov Bali bisa menganggarkan dalam APBD untuk penelitian buah lokal, sehingga bisa tersentuh teknologi. Kenyataan itu bisa dilakukan, lihat saja di luar negeri seperti di Thailand,” katanya. (ant)
sumber: medanbisnisdaily

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

2 Responses to BUDIDAYA BUAH LOKAL BUTUH SENTUHAN TEKNOLOGI

  1. Pingback: Online casino

  2. Pingback: 5 Simple Steps To Creating Growth With A Gaming Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *