10 DAERAH JADI PERLUASAN LAHAN KEDELAI SUMUT

MedanBisnis – Medan. Dinas Pertanian Sumatera Utara (Distan Sumut) tahun ini akan melakukan perluasan lahan kedelai seluas 1.500 hektare di 10 kabupaten/kota. Bersamaan dengan itu, pemerintah juga komit memperjuangkan harga dasar kedelai sebesar Rp 8.000 per kg.
Kepala Bidang Tanaman Pangan John A Sinaga kepada MedanBisnis, Selasa (19/2) di Medan menyebutkan, 10 kabupaten/kota yang menjadi lokasi perluasan lahan kedelai yakni  Binjai, Langkat, Serdang Bedagai (Sergai), Asahan, Batubara, Labuhan Batu Utara (Labura), Nias Selatan (Nisel), Simalungun, Dairi, dan Padang Lawas Utara (Paluta).

Nantinya, selain diberikan benih unggul, juga akan dibantu sarana produksi (saprodi), alat pengolah tanah, processing dan lain sebagainya. “Dengan begitu, kita harapkan bisa menggenjot produksi kedelai Sumut yang saat ini masih rendah. Targetnya produksi bisa mencapai 2 ton per hektare,” katanya.

Diakuinya, selama ini keengganan petani menanam kedelai karena faktor pengolahan yang sulit dan harga jual yang kurang menguntungkan dibanding tanaman jagung. Kalau saja harga kedelai petani lokal bisa ditetapkan Rp 8.000 per kg, tentunya petani bisa mendapatkan keuntungan.

Selama ini, biaya produksi kedelai dari penyiapan lahan, benih, penanaman, perawatan sampai panen, berkisar Rp 4 juta – 5 juta per hektare. Dengan harga Rp 8.000 per kilogram, petani bisa mendapatkan untung Rp 11 – 12 juta per hektare setiap kali panen. Jika harga jualnya di bawah Rp 6.000 per kg tentunya keuntungan petani minim bahkan merugi. “Kalau seperti itu, wajar saja jika petani enggan menanam kedelai dan memilih bertanam jagung,” katanya.

Dalam rapat di tingkat nasional, kata John, pihaknya mengusulkan agar ke depan, Bulog mampu menampung kedelai petani dengan harga Rp 8.000 per kilogram. Angka tersebut menurutnya paling tinggi dibandingkan provinsi lain di Indonesia yang rata-rata Rp 7.000 per kilogram. “Dengan begitu, harapannya bisa menggenjot produksi kedelai Sumut,” tandasnya. (dewantoro)
sumber: medanbisnisdaily

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *