RSUD PIRNGADI TETAP NAIKKAN TARIF

Starberita  – Medan, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Pirngadi memutuskan masih tetap melanjutkan tarif baru berdasarkan Peraturan Walikota Medan No 4 tahun 2013 tertanggal 17 Januari 2013.

Menurut Wakil Direktur Keuangan RSUD dr Pirngadi Yasin Sidabutar kenaikan tarif yang telah dilakukan, sudah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang pembendaharaan negara, UU No 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit, Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), serta Permendagri No 61 tahun 2007 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) pasal 57 dan pasal 58 yang menyebutkan, dasar ketentuan penetapan tariff BLUD itu berdasarkan kepada Peraturan Wali Kota (Perwal).

Yasin menambahkan Pada Starberita, Jum’at (22/2) dari Permendagri No 61 tahun 2007 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan BLUD pasal 58 ayat 3 menyebutkan tarif layanan BLUD ditetapkan dengan peraturan kepala daerah dan disampaikan kepada DPRD. Jadi, rumah sakit harus menjalankan Perwal yang ditetapkan pemerintah daerah, dalam hal ini Wali Kota.

“Sedangkan yang menyampaikan ketetapan secara resmi Perwal ini ke DPRD adalah pemerintah daerah dengan jangka waktu yang tidak ditentukan,” jelas dia.

Katanya, kenaikan tariff ini berdasarkan aturan khusus yang dimuat dalam Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2005 tentang Pengelolaan BLUD pasal 1 ayat 2, pola keuangan BLUD adalah pola keuangan yang memberikan keleluasaan untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat dalam rangka memajukan kesejahteraan umum. Sebagai pengecualian dari ketentuan pengelolaan keuangan Negara pada umumnya.(ULF/YEZ)
sumber: starberita

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *