TUGU PERJUANGAN NASIONAL KTN SIBOLANGIT DIRESMIKAN

Sibolangit-andalas Bupati Deli Serdang Drs Haji Amri Tambunan, meresmikan Tugu Perjuangan Nasional peristiwa penembakan Jeep Komisi Tiga Negara (KTN) di Km 52 Desa Bandar Baru, Kecamatan Sibolangit, ditandai penandatanganan prasasti dan peletakkan karangan bunga, kemarin.

Meski cuaca kurang mendukung akibat turunnya hujan, namun tidak menyurutkan semangat seribuan warga berbaur dengan para veteran, pejuang, keluarga pahlawan, PPM, pemuka masyarakat mengikuti prosesi peresmian tugu bersejarah itu.

Bahkan kehadiran Amri Tambunan di sore hari itu dirangkai dengan pemakaian pakaian adat Karo ‘Mengosei’ dari utusan merga Silima (Karo-karo, Sembiring, Ginting,Tarigan dan Perangin-angin) diwakili Drs Johannes Sembiring.

Pada kesempatan itu, bupati juga menyerahkan 12 kunci rumah berikut surat tanah dan IMB kepada warga kurang mampu/ pemilik rumah, yang telah selesai dibedah dari kondisi kurang layak menjadi rumah sehat dan layak huni. Penyerahan 212 perlengkapan sekolah kepada murid SD serta bingkisan kepada Kepala Dusun se-Kecamatan Sibolangit.

Bupati berharap agar rasa kebersamaan diciptakan para pejuang dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan republik tercinta ini dapat dikobarkan, untuk mengisi cita-cita kemerdekaan khususnya bagi kemajuan Kabupaten Deli Serdang yang lebih gemilang sebagaimana harapan para pejuang.

Disebutkan, peristiwa penembakan jeep KTN menunjukkan, negara ini masih ada. Hanya dengan peralatan seadanya serta kemampuan terbatas dengan kebersamaan kokoh para pejuang mampu mengusir  penjajah.Karenanya keberadaan tugu perjuangan nasional dibangun di daerah ini, hendaknya dapat dijadikan sebagai pengikat pesan leluhur serta simbol, di daerah ini telah terjadi peristiwa heroik.

Kepada generasi penerus, bupati menekankan untuk terus melanjutkan cita-cita kemerdekaan serta memelihara hasil-hasil yang telah dicapai karena ke depan akan lahir putra-putri bangsa yang berhak menikmati hasil kemerdekaan.

Sementara, Ketua Panitia peresmian tugu, Tampai Bukit menyampaikan kronologi peristiwa sejarah pembakan Jeep Komisi Tiga Negara (KTN) di Km 52 Desa Bandar Baru Kecamatan Sibolangit.

Peristiwa bermula ketika Belanda melaporkan kepada KTN, daerah pendudukannya telah aman dan bersih dari TNI. Karenanya  KTN ingin melihat serta menyaksikan apakah benar daerah yang diduduki Belanda itu aman.
sumber : harianandalas

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *