JANGAN PILIH CAGUBSU MONEY POLITICS

Medan-andalas Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut Rajin Sitepu MHum mengajak pemilik suara (masyarakat) menolak dan tidak memilih Cagubsu/Cawagubsu yang melakukan money politics (politik uang) pada Pilkada di Sumatera Utara yang akan digelar 7 Maret 2013.

“Kalau Cagubsu/Cawagubsu pada pemilihan kepala daerah yang akan digelar 7 Maret 2013 melakukan money politics untuk meraih suara maka setelah terpilih menjadi Gubsu maka prioritasnya pasti akan bagaimana mengembalikan uang yang sudah dikeluarkan,” ujar Rajin Sitepu pada sosialisasi Pilgubsu yang diselenggarakan Balai Pendidikan dan Latihan Kerja Jurnalistik Sumatera Utara (BPLKJ-SU), Senin (18/2), di kampus IAIN Sumut Medan Estate.

Untuk menata demokrasi agar lebih baik di negeri ini, katanya, diharapkan masyarakat parpol maupun pihak yang berkaitan dengan pilkada harus menahan nafsu dalam pengusungan dan pemilihan calon gubsu terkait dengan finansialnya.

“Karena semakin sedikit biaya yang dikeluarkan calon maka setelah terpilih akan semakin besar peluang mereka untuk fokus memprioritaskan pembangunan di Sumatera Utara demi kesejahteraan masyarakat,” ujar Rajin Sitepu.

Rajin Sitepu juga mengharapkan agar masyarakat dapat memberikan suaranya beramai- ramai pada tanggal 7 Maret 2013 ini. Dan bagi masyarakat ataupun pemilih yang dalam perantauan, maka bisa mencoblos di tempat dimana ia bekerja, dengan cara meminta kepada petugas di PPS pindah memilih.

Menurut Rajin Sitepu tingkat partisipasi masyarakat dalam plikada tinggi, namun jika dilihat angka pada pemilu lalu itu sesungguhnya banyak masyarakat yang ada di DPT tetapi karena bekerja di luar negeri dan di sana tidak ada disediakan TPS. Maka secara otomatis mereka tidak dapat memilih.

” Jadi bukan masyarakat kurang partisipasinya dalam pilkada tapi karena faktor itu. Selain itu juga persoalan adanya KTP ganda di tengah- tengah masyarakat sehingga terkadang namanya ada beberapa tempat. Padahal ia sudah mencoblos,” ujarnya.

Rajin Sitepu juga mengharapkan masyarakat membantu meningkatkan partisipasi pemilihan, misalnya dengan menyebar SMS ke sanak famili maupun tentangga agar tidak golput.

Ketua BPLKJ-SU Chairul Umam menegaskan, sosialisasi yang dilakukan dengan KPU Sumut ini merupakan bagian dari sumbangsih dan peran masyarakat untuk membantu suksesnya Pilkada Sumut 7 Maret 2013, sehingga menghasilkan pemimpin yang berkualitas demi kesejahteraan rakyat. (HAM)
sumber : harianandalas

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *