DITANGKAP, DUKUN PALSU TIPU WARGA HINGGA RATUSAN JUTA

27 Batang Emas dan Perak Disita

Stabat-andalas Edy Junaidi alias Edy (40), dukun palsu yang dilaporkan telah menipu warga hingga ratusan juta, ditangkap aparat Kepolisian Resor Langkat. Edy dicokok polisi dari kediamannya di Simpang Parno Pasar XII Desa Suka Mulia, Kecamatan Secanggang, Langkat, Rabu (20/2) pagi.

Penangkapan Edy sendiri atas laporan sejumlah korbannya antara lain Ahmad DL (32) warga Dusun VIII Desa Pekubuan, Kecamatan Tajung Pura dan Zakiah (40) warga Simpang Ladang Desa Cempa, Kecamatan Hinai.

Dari penangkapan Edy polisi menyita sejumlah barang bukti di antaranya 27 batang emas dan perak dengan rincian 19 batang emas serta 8 batang perak. Selain itu ada juga berbagai macam alat perdukunan turut diamankan.

Tersangka ketika ditanya di ruang pusat pelayanan terpadu Polres Langkat mengaku baru setahun berprofesi sebagai dukun. Sebelumnya, dia tinggal di Kwala Begumit, Kecamatan Binjai membuka usaha doorsmeer dan menjual sparepart sepeda motor.

Setelah itu, dia sempat pidah ke Jakarta dengan membuka usaha rumah makan. Namun, karena bangkurt dia kembali ke Langkat dan membuka usaha perdukunan di Desa Suka Mulia.

Modus yang digunakan tersangka dengan cara mengobati penyakit para pasiennya. Setelah itu, dia meminta uang atau emas untuk biaya pengobatan dan untuk membeli obatnya.

Namun, setelah memberi uang dan emas, tidak sedikit pasiennya yang kecewa dan marah, sebab ternyata penyakit tidak sembuh juga. Karena itu, ada yang mengaku mengalami kerugian hingga Rp25 juta dan ada juga yang mengaku mengalami kerugian hingga Rp40 juta.

Lalu, uangnya dibelikan rumah dan kenderaan, seperti mobil dan sepeda motor. Sedangkan emasnya disimpan. Walaupun begitu, Edy menegaskan bahwa tidak semua pasiennya kecewa dan marah, sebab tidak semua pasiennya merasa tertipu. Ada juga pasiennya yang sembuh setelah diobati.

“Sebenarnya sih tidak semua pasien saya tertipu, sebab ada juga yang sembuh,” ujarnya. Untuk itu, guna membuktikan ucapannya dan keterangan para korban, tersangka diamankan dan terus menjalani pemeriksaan secara intensif. (BD)
sumber : harianandalas

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *