SUAP IMPOR DAGING, KPK PANGGIL KETUA DEWAN SYURO PKS

Jurnas.com | KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) tak memungkiri kemungkinan memanggil Ketua Dewan Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Hilmi Aminuddin terkait pengembangan penyidikan kasus dugaan suap impor kuota impor daging di Kementerian Pertanian (Kementan).

”Kalau diperlukan akan kami panggil,” ujar Wakil Ketua KPK, Busyro Muqoddas di kantor KPK, Setiabudi, Jakarta Selatan, Rabu (20/2).

Namun Busyro belum menjelaskan kapan KPK akan memanggil Hilmi untuk diperiksa menyoal kasus dugaan suap ini.

Peluang memanggil Hilmi Aminuddin itu sendiri merupakan bagian dari upaya KPK mengembangkan dan mendalami dugaan keterlibatan pihak lain dalam kasus dugaan suap yang telah menjerat mantan Presiden PKS, Luthfi Hasan Ishaq sebagai salah satu tersangka suap Rp1 miliar tersebut. Terlebih, Hilmi diketahui sebagai ayah dari Ridwan Hakim, saksi kasus dugaan suap impor daging yang telah pergi meninggalkan Indonesia sebelum dikenakan status cegah ke luar negeri oleh KPK. Menurut Anggota Dewan Syuro periode 2000-2005, Yusuf Supendi, Ridwan ditengarai mengetahui banyak proses pengajuan impor daging sapi. Ridwan merupakan kepanjangan tangan dari ayahnya, Hilmi Aminuddin. Dimana Ridwan yang akrab disapa Iwan adalah makelar yang mempermudah perusahaan pengimpor memperoleh izin. Dalam kaitan itu, Ridwan dan Menteri Pertanian Suswono sering berhubungan. Menteri Suswono yang kemudian mengatur mengenai keluarnya regulasi izin tersebut

KPK telah menetapkan status tersangka kepada Luthfi Hasan dan tiga orang lainnya lantaran dipastikan terlibat dalam kasus dugaan suap proses impor daging. Ketiga orang lainnya tersebut adalah Direktur PT.Indoguna Utama, Juard Effendi dan Arya Abdi Effendi serta Ahmad Fathanah yang diduga sebagai teman dekat Luthfi Hasan Ishaq.

Juard Effendi dan Arya Abdi Effendi disangkakan melanggar Pasal 5 ayat (1) atau Pasal 13 Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. Sementara Ahmad Fathanah dan Luthfi Hasan Ishaq.disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau b, Pasal 5 ayat (2) atau Pasal 11 Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Kasus dugaan suap sebesar Rp1 miliar ini secara kontruksi berkaitan dengan, dugaan serah terima uang berkaitan impor daging. Dimana diduga dalam hal ini, PT.Indoguna Utama selaku perusahaan yang berkecimpung dalam komoditi daging ingin dimenangkan dalam tender pemenangan impor daging sapi Dimana upaya pemenangan itu diduga akan dilakukan oleh Luthfi Hasan Ishaq yang diketahui merupakan anggota DPR RI sekaligus Presiden PKS saat itu dengan mempengaruhi Mentan Suswono yang diketahui sebagai kader PKS.
sumber: jurnas

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

1 Response to SUAP IMPOR DAGING, KPK PANGGIL KETUA DEWAN SYURO PKS

  1. Pingback: Texasguntrader

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *