EHM, BUPATI SE-INDONESIA MINTA NAIK GAJI KE SBY

Jurnas.com | MEWAKILI para bupati dan wali kota, Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Isran Noor mengajukan kenaikan gaji kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Permintaan kenaikan gaji ini disampaikan Isran dalam sambutannya pada acara Rakernas IX Apkasi dan Rakernas X Perhimpunan Penyuluhan Pertanian Indonesia (Perhiptani) yang dihadiri oleh Presiden SBY.

“Ini bukan permintaan tapi pesan-pesan dari kawan-kawan bupati dan sekaligus pesan-pesan dari para wali kota dan satu dua orang gubernur, minta disampaikan kepada Bapak pada kesempatan ini. Mohon maaf dengan segala ampun sudah tiga tahun lalu janji naik gaji para bupati dan wali kota belum (terealisasi),” kata Isran dengan nada malu-malu dalam acara rakernas yang digelar di Hotel Grand Sahid Jaya, Rabu (20/2).

Isran yang saat ini menjabat sebagai Bupati Kutai Timur mengungkapkan, gaji para bupati sangatlah minim. Padahal tanggung jawab seorang bupati sangat besar dan penuh resiko.

“Tanggung jawabnya cukup besar, resikonya tinggi tapi penerimaan dari negara jauh lebih rendah daripada anggota DPRD kami yang ada di kabupaten/kota,” ungkapnya.

Mengadu ke Presiden

Dalam kesempatan itu, Isran selaku Ketua Umum Perhiptani juga menyampaikan permasalahan yang dialami para petani. Menurutnya, selama ini kelompok tani kekurangan tenaga penyuluh.

Apalagi, sambung Isran, tenaga penyuluh pertanian di beberapa kabupaten ada yang dipensiunkan lebih dini. Padahal, seharusnya tenaga penyuluh pertanian memasuki masa pensiun di usia 60 tahun.

“Selama ini kita masih kekurangan tenaga penyuluh, padahal sangat diperlukan. Para bupatinya ada juga yang konsisten dalam melaksanakan dan memberikan perhatian pada para penyuluh, tapi ada juga bupati yang mempensiunkan mereka,” ujar Isran.

Acara rakernas Apkasi dan Perhiptani tahun 2013 dihadiri oleh seluruh bupati dan wali kota seluruh Indonesia. Rakernas Apkasi tahun ini diisi dengan kegiatan diskusi panel mengambil tema: Peran Strategis Otonomi Daerah dalam Mewujudkan Ketahanan, Kemandirian dan Kedaulatan Pangan.

Rakernas Apkasi dan Perhiptani ini dihadiri oleh sejumlah menteri dan pejabat negara. Antara lain Mendagri Gamawan Fauzi, Menteri Pertanian Suswono, Menteri BUMN Dahlan Iskan, Menhut Zulkifli Hasan, Mendag Gita Wirjawan, Menteri PAN Azwar Abubakar, Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution, Kepala BPN Hendarman Supandji, Wamen Pertanian Rusman Heriawan, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Herman Khaeron, dan pakar otonomi daerah Ryass Rasyid.
sumber: jurnas

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *