2012, KUNJUNGAN WISATAWAN KE KARO MENINGKAT

MedanBisnis – Berastagi. Selama tahun 2012, tingkat kunjungan wisatawan ke Kabupaten Karo mengalami pertumbuhan yang signifikan. Ini terbukti dari perolehan pendapatan asli daerah (PAD) yang diperoleh tahun 2012 sebesar Rp 1.438.020.000. Angka ini melebihi target yang ditetapkan sebelumnya sebesar Rp 1.281.920.000.
Pendapatan ini berasal dari kontribusi dari tiket masuk ke lokasi objek wisata, seperti Bukit Gundaling, Lau Kawar, Sipiso-piso, Lintas Alam Sibayak dan Taman Mejuah-juah.

Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Karo Dinasti Sitepu ketika ditemui MedanBisnis, Selasa (12/2) di ruangan kerjanya, membenarkan pendapatan tiket masuk ke lokasi wisata sesuai perda yang telah di tentukan. “Dari target yang ditentukan ada kenaikan sekitar 1,5 persen. Dan, pada tahun 2013, kita sudah sepakat perolehan pendapatan naik menjadi Rp 1.698.304.000,” jelasnya.

Dinasti menambahkan, jika dihitung dari jumlah manusianya dalam  kategori wisatawan baik domestik maupun mancanegara maka tahun 2011 total masuk sebanyak 535.269 orang atau naik dibanding tahun 2012 sebanyak 570.788.

“Tahun ini kami berupaya meningkatkan kunjungan wisatawan. Dibantu pihak-pihak perusahaan yang bergerak dibidang pariwisata di bawah naungan PHRI yang baru terbentuk tahun lalu, kami berkeyakinan kunjungan wisatawan tahun ini akan meningkat lagi,” jelasnya.

Mengenai pengembangan tempat-tempat wisata yang belum terjamah, seperti adanya keinginan para pengurus PHRI membuka Deleng Kuta di Desa Gurusinga Kecamatan Berastagi dan agro wisata, Dinasti sangat mendukung. “Jika itu untuk kemajuan wisata di Tanah Karo ini, pasti akan kita dukung,” sebutnya.

Ketua PHRI Karo Dickson Pelawi, memberikan apresiasi atas tercapainya target pendapatan Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Karo. Namun, kata dia, janganlah diabaikan tempat-tempat wisata itu termasuk infrastrukturnya serta kenyamanan para tamu.

Mengenai rencana pengembangan Deleng Kuta, pihaknya kata Dickson masih menunggu keputusan dari Bupati Karo. “Surat sudah kami sampaikan, namun sampai hari ini, jawaban untuk itu belum kami peroleh. Tetapi untuk meningkatkan kunjungan tamu wasatawan ke Tanah Karo, PHRI sudah berbuat sebelum mereka memikirkan,” tandas Dickson Pelawi. (edi sofyan)
sumber: medanbisnisdaily

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

1 Response to 2012, KUNJUNGAN WISATAWAN KE KARO MENINGKAT

  1. Pingback: superslot

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *