ANGGOTA DPR RI MINTA ENAM PERSEN DARI TOTAL PROYEK APBN

Kisah Suap di DPR RI ( Bagian Pertama)

PEKANBARU, KOMPAS.com – Sinyalemen pencairan dana APBN tidaklah gratis bukan lagi sekadar isu atau kabar bohong. Permintaan uang suap untuk menggolkan dana APBN, setidaknya terjadi saat Pemerintah Provinsi Riau meminta bantuan dana APBN sebesar Rp 290 miliar untuk keperluan PON Riau 2012.

“Uang itu diserahkan dua tahap. Pertama sebesar 850.000 dollar dan berikutnya 200.000 dollar,”
— Lukman Abbas

Kahar Muzakir, anggota Komisi X DPR RI (yang mengurusi bidang pendidikan dan olahraga) dari Fraksi Partai Golkar, terang-terangan meminta fee (baca : suap) sebesar enam persen (sekitar Rp 17,4 miliar) kepada Lukman Abbas, mantan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Riau. Tanpa uang suap itu, mustahil permintaan bantuan dana APBN itu dibahas di komisi.

Keterangan tentang permintaan uang suap enam persen itu, disampaikan Lukman Abbas, pada persidangan pengadilan tindak pidana korupsi, Pengadilan Negeri Pekanbaru, hari Rabu (13/2/2013). Menurut Lukman, Kahar Muzakir telah menerima uang sebesar 1,050 juta dollar AS atau berkisar Rp 10 miliar sebagai uang pangkal upaya memuluskan permintaan dana APBN tadi.

“Uang itu diserahkan dua tahap. Pertama sebesar 850.000 dollar dan berikutnya 200.000 dollar,” kata Lukman saat ditanya Ketua Majelis Hakim Isnurul.

Kahar memang tidak menerima uang itu secara langsung, melainkan lewat tangan ajudannya Wihadi. Wihadi mengambil uang itu dari dalam mobil Lukman yang disopiri oleh Heriadi di parkir lantai bawah gedung DPR RI.

Hanya saja, Kahar saat bersaksi di persidangan membantah menerima dana haram itu. Wihadi pun mengaku tidak kenal dengan Heriadi.

Meski uang suap sudah diterima, ternyata dana APBN yang diminta Pemprov Riau itu tidak kunjung cair sampai sekarang. Alhasil, Pemprov Riau menanggung utang sebesar Rp 160 miliar kepada kontraktor pembangunan beberapa arena PON yang belum dibayarkan hingga saat ini.
sumber : kompas

This entry was posted in Berita, Berita Pilihan. Bookmark the permalink.

1 Response to ANGGOTA DPR RI MINTA ENAM PERSEN DARI TOTAL PROYEK APBN

  1. Pingback: 新越谷 ジム

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *