PEMKO MEDAN GANDENG PT AMA KELOLA SAMPAH DI TPA TERJUN

Medan-andalas Pemerintah Kota (Pemko) Medan menggandeng pihak swasta untuk mengelola sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Kelurahan Terjun, Medan Marelan. Pengelolaan sampah itu guna mendapatkan nilai lebih dari sampah di Kota Medan.

“Sudah ada swasta yaitu PT Agro Mulia Abadi (AMA) yang berminat dan bekerja sama dengan Pemko Medan untuk menangani sampah di TPA Terjun. Kerjasama sudah dilakukan dan sekarang ini sedang dalam pembangunan peralatan untuk mengelola sampah itu,” kata Wali Kota Medan Rahudman Harahap saat melakukan safari Jumat di Masjid Baiturrahman, Jalan Abdul Sani Muthalib, Kelurahan Terjun, Medan Marelan, Jumat kemarin.

Pengelolaan sampah oleh perusahaan itu, kata Rahudman, diperkirakan bisa mencapai sebanyak 15 ribu hingga 20 ribu ton sampah per harinya. Dengan penanganan sampah apalagi dilakukan dengan teknologi canggih, maka sampah di TPA itu tidak lagi menjadi masalah bagi Pemko Medan atau masyarakat sekitar.

“Sampah di TPA itu nantinya tidak lagi menjadi masalah, tapi sebaliknya akan menjadi keuntungan bahkan menjadi uang,” ujar Rahudman seraya memperkirakan operasionalnya sudah dimulai tahun 2013 ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebersihan Kota Medan Pardamean Siregar, menjelaskan bahwa sampah itu akan dikelola swasta menjadi pupuk kompos dan tenaga listrik. Dengan adanya penanganan sampah tersebut menjadi solusi bagi Pemkot Medan.

“Jumlah sampah di TPA Terjun itu sekarang ini sudah melebihi daya tampungnya sebanyak 1.800 ton per hari,” katanya.

Pardamean mengatakan, PT Agro Mulia Abadi sedang membangun mesin pengolahan di TPA Terjun yang dapat mengolah sebanyak 15 ribu hingga 20 ribu ton sampah dalam sehari. Pemko Medan juga sedang menjajaki kerja sama dengan pihak swasta lainya untuk mengolah sampah di TPA lainnya.

Untuk sementara, lanjutnya, sampah di TPA Namo Bintang juga akan diolah di TPA Terjun sehingga selain menangani masalah sampah di Namo Bintang, jumlah kompos dan listrik dari sampah dari Kota Medan itu juga bisa ditingkatkan.

Camat Medan Marelan Dedi Jaminsyah Putra Harahap, mengakui selama ini TPA Terjun sudah menjadi masalah di kalangan masyarakat Marelan akibat daya tampungnya tidak memadai lagi. “TPA itu sering menimbulkan bau tidak sedap ke lingkungan sekitar karena sampah yang masuk sudah melebihi daya tampungnya,”katanya. (BEN)
sumber : harianandalas

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

1 Response to PEMKO MEDAN GANDENG PT AMA KELOLA SAMPAH DI TPA TERJUN

  1. Pingback: Buy Glocks Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *