GATOT APRESIASI BERDIRINYA MUSEUM PUSAKA KARO

MEDAN (Berita): Budaya dan tradisi bangsa merupakan kearifan lokal yang mencerminkan peradaban suatu bangsa. Peradaban bangsa ini seyogyanya mendapat perhatian untuk dilestarikan guna mengembangkan nilai-nilai nya yang agung demi pembangunan yang berkarakter.
Berangkat dari pemahaman itulah Pelaksana Gubernur Sumatera Utara (Plt Gubsu) H Gatot Pujo Nugroho ST mengapresiasi dan mendukung pelestarian budaya karo dengan berdirinya Museum Pusaka Karo yang digagas lembaga Museum Pusaka Karo dan Rumah Adat Karo yang akan diresmikan pada tanggal 9 Februari 2013 mendatang.
“Saya apresiasi sekali berdirinya mueseum ini, memang kearifan lokal suatu daerah harus dilestarikan, dan melalui pendidikan kita harap setia daerah harus ada kurikulum yang bermuatan lokal,” kata Gatot saat menerima Lembaga Museum Pusaka Karo dan Rumah Adat Karo yang diketuai Pastor Joosten Leonardus Egidius didampingi Oloan Simbolon ST dan Erdison manik, Kamis (7/2) di rumah Dinas Gubernur No.41 Medan.
Lebih lanjut Plt Gubsu mengungkapkan, dengan dibangunnya museum ini dinilai merupakan salah satu cara yang tepat untuk melestarikan kebudayaan asli Indonesia. “Sebab nantinya di museum itu akan tersimpan barang-barang peninggalan lelulur yang menjadi jejak dari akar budaya untuk kembali diingat dan dikenang,” ujarnya.
Selain itu, hal ini juga menunjukkan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para Pahlawan, bangsa yang menghargai atas kearifan lokal berupa karya-karya budaya. “Untuk itu patut kita gali, kita lestarikan dan kita kembangkanā€¯ katanya pula.
Oloan Simbolon, selalu tokoh adat Karo, usai audiensi mengatakan bahwa kehadiran mereka adalah untuk mengundang Plt Gubsu meresmikan Museum Adat Karo. Dan mereka sangat berterima kasih atas sambutan Plt Gubsu yang mendukung bahkan sangat hormat menghargai karya- karya Pastor Leo Joosten dalam menggeluti Budaya Batak Karo. “Walaupun pak Gubernur berhalangan hadir nantinya, karena jadwal yang padat, kami tetap merasa bangga karena apresiasi beliau dan mengirimkan utusan untuk mewakilinya pada acara tersebut,” ujar Oloan.
Setelah diresmikan museum itu, lanjutnya, panitia akan bekerja keras untuk mendapatkan barang-barang asli peninggalan warga Batak yang dulunya dibawa ke luar negeri. “Dengan diresmikan maka pemerintah di Belanda sudah berkenan untuk mengembalikan barang yang dibawa dengan catatan museum ini sudah lulus standar internasional,” ujarnya. (lin)
sumber: beritasore

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

1 Response to GATOT APRESIASI BERDIRINYA MUSEUM PUSAKA KARO

  1. Pingback: Glo Extracts Lemon Zest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *