RSUPM BUTUH MESIN RADIOTERAPI

Mendukung Alat CT Scan

Medan-andalas Guna mengoptimalkan kerja alat CT Scan 64 Slices yang sudah ada, Rumah Sakit Umum (RSU) Dr Pirngadi Medan, dibutuhkan pengadaan mesin radioterapi yang mendukung CT Scan tersebut.

Untuk pengadaan mesin ini, manajemen rumah sakit sudah mengusulkan kepada Pusat Investasi Pemerintah (PIP) melalui Pemerintah Kota (Pemko) Medan dalam pengadaan mesin radioterapi. Jika pinjaman disetujui, mesin seharga Rp 25 miliar ini sangat membantu untuk pengobatan penyakit kanker sehingga berbagai jenis penyakit cepat ditanggulangi.

Direktur RSU Dr Pirngadi dr Amran Lubis SpJP (K) menerangkan dengan menggunakan mesin radioterapi ini penyakit seperti kanker serviks dan kanker payudara stadium 1 dapat segera diketathui dan bisa sembuh tanpa kemoterapi. Diperkirakan, 80% angka kesembuhan akan tercapai dengan penggunaan mesin ini.

“Penyakit kanker sensitif terhadap pengobatan radioterapi, seperti kanker serviks, kanker payudara dan kanker prostat. Mesin CT Scan yang sudah kita miliki kinerjanya akan semakin optimal jika diintegrasikan dengan radioterapi,” ujarnya, Selasa (5/2) lalu.

Dengan pengadaan mesin radioterapi, sambungnya, standar pelayanan minimal di RSU yang setiap harinya melayani sekitar 30 orang untuk rawat inap ini, akan dapat ditingkatkan. RS Pirngadi juga bisa menjadi rumah sakit modern dan berteknologi canggih yang memberikan pelayanan sama dengan orang tidak mampu.

Dia juga menjelaskan, selain mesin radioterapi,  juga membutuhkan satu unit CT Scan 4 Slices untuk ditempatkan di Instalasi Gawat Darurat. Dengan mesin ini, kasus-kasus kecelakaan dan kasus perawatan ringan dapat langsung dideteksi.

Terpisah, pengamat kesehatan Destanul Aulia mengharapkan sebelum alat tersebut diadakan, RS Pirngadi Medan harus memperlihatkan studi kelayakan dahulu, apakah alat itu urgen atau penting untuk masyarakat kota Medan. Hasil studi tersebut, diperlihatkan kepada DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Medan. Sehingga DPRD bisa menghitung cost efektif analisisnya.

“Dengan hasil studi tersebut, DPRD bisa membuat perencanaan jangka panjang. Karena selain pengadaan mesin, ruang radioterapi dan laboratorium baru tentunya dibutuhkan. Selain itu, SDM (sumber daya manusia) juga harus disediakan. Jangan sampai sudah ada peralatan, SDM tidak mendukung,” katanya. (YN)
sumber : harianandalas

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

3 Responses to RSUPM BUTUH MESIN RADIOTERAPI

  1. Pingback: glock 19

  2. Pingback: Online Dispensary

  3. Pingback: golden teacher dosage

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *