PRD SESALKAN KRIMINALISASI SEJUMLAH AKTIVIS AGRARIA

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com –  Partai Rakyat Demokratik (PRD) menyesalkan kriminalisasi atau penangkapan sejumlah aktivis, yang tengah memperjuangkan hak rakyat dalam serangkaian konflik agraria di berbagai daerah.

Ketua Umum PRD, Agus Jabo Priyono, dalam siaran persnya, Selasa (5/2/2013), mengatakan, sejumlah aktivis agraria dan petani telah ditahan polisi dalam sejumlah kasus di berbagai daerah beberapa pekan terakhir ini.

Di Sumatera Selatan, misalnya, Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi), Anwar Sadat, dan dua aktivis lainnya ditahan Polda Sumsel sejak pekan lalu.

Lalu, 17 petani ditahan di Polres Labuhan Batu, Sumatera Utara, dan lima orang ditahan di Polres Pare Kediri, Jawa Timur.

Terakhir, pada Minggu (3/2/2013) malam, Ketua Serikat Tani Riau, M Ridwan, ditangkap di Lampung saat hendak menuju Jakarta. Ia diketahui tengah mengadvokasi kasus tanah warga yang bersengketa dengan PT RAPP di Riau.

Untuk itu, pihaknya mendesak para aktivis dan petani ini segera dibebaskan.

Mengutip data dari Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA), ia mengatakan, sejak 2004 hingga 2012, terjadi 618 konflik agraria di seluruh wilayah Indonesia. Konflik ini meliputi luas areal 2.399.314,49 hektar, dan melibatkan 731.342 keluarga.

“Tindakan kekerasan aparat negara terhadap petani dan masyarakat adat telah mengakibatkan 941 orang ditahan, 396 luka-luka. Lalu, 63 orang diantaranya mengalami luka tembak dan 44 orang meninggal,” ujar Agus.

Konflik agraria antara petani dengan korporasi, ungkap Agus, telah mengakibatkan kaum tani kehilangan lahan garapan, sumber kehidupan mereka.

“Inilah salah satu akar kemiskinan bangsa Indonesia. Sekarang ini hampir 26 juta keluarga petani hanya memiliki lahan tidak lebih dari 0,3 hektar,” katanya.
sumber : kompas

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

1 Response to PRD SESALKAN KRIMINALISASI SEJUMLAH AKTIVIS AGRARIA

  1. Pingback: buy xanax online no script for sleep anxiety in usa canada australia overnight delivery cheap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *