IMPOR JAGUNG MASIH TINGGI

MedanBisnis – Belawan. Kendati petani jagung di Sumatera Utara (Sumut) sudah berulangkali mengeluh akibat derasnya pasokan jagung impor masuk ke daerah ini, namun aktivitas impor jagung Sumut melalui Pelabuhan Belawan masih tetap mengalir deras.
“Jagung termasuk salah satu komoditas yang realisasi impornya cukup tinggi. Kendati tahun 2012 pasokan jagung impor Sumut mengalami penurunan, namun impor jagung Sumut masih tetap tinggi,” kata Humas Pelindo I Cabang Belawan M Azmi Jauhari, melalui stafnya Rica Agnas Girsang, akhir pekan lalu.

Rica menyebutkan, pada periode Januari-Desember 2012, impor jagung yang masuk ke Sumut sebanyak 147.454 ton, turun dibandingkan realiasi tahun 2011 sebanyak 158.041. Sementara realisasi tahun 2011 tersebut, lebih banyak dibandingkan tahun 2010 yang hanya 49.522 ton, atau naik sekitar 219,13%.

“Kendati volume impornya turun, namun jika dibandingkan dengan tahun 2010 misalnya, realisasi impor pada tahun 2012 masih tinggi. Jagung impor ini biasanya digunakan untuk memenuhi baku pakan ternak di Sumut,” lanjut Rica.

Sebelumnya, petani jagung di Sumut meminta pemerintah untuk melaksanakan komitmennya untuk tidak mengimpor jagung terutama menjelang panen raya di Sumut.     Namun harapan itu sepertinya tidak mendapat respon dari pemerintah, pasalnya, jagung impor terus membanjiri Sumut meski di saat panen raya. (wismar simanjuntak)
sumber: medanbisnisdaily

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

1 Response to IMPOR JAGUNG MASIH TINGGI

  1. Pingback: live call tracker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *