BARBUT DICEK DI KEDUBES AMERIKA

Buktikan Dolar Palsu

BELAWAN-PM : Uang Dolar palsu senilai Rp600 juta yang diamankan Polres Pelabuhan Belawan rencanakan akan dikirim ke Kedutaan Besar Amerika di Jakarta. Hal itu untuk memastikan uang tersebut asli atau palsu.

Hal itu diungkap Kanit Tipiter, Iptu J Tarigan kepada POSMETRO, Jumat (1/2). Pihaknya juga terus mengembangkan kasus sindikat peredaran dolar yang dikomandoi pensiunan TNI AD, bersama 5 rekannya.

Pengembangan itu dilakukan dengan membawa dolar AS senilai Rp600 juta ke kantor Kedubes Amerika sebagai saksi ahli. “Kita akan bawa uang palsu itu ke Jakarta untuk diperiksa apakah asli untuk mengkuatkan perkara yang menjerat para pelaku,” katanya.

Disinggung soal Makmur yang dikabarkan sebagai pemilik uang palsu pecahan 100 dolar As itu, JH Tarigan menyebut kalau pihaknya tetap melakukan pengejaran terhadap pemilik uang palsu tersebut. “Kita tetap melakukan pengejaran, karena idenditas yang bersangkutan telah kita kantongi,” katanya.

Sementara itu, pensiunan TNI AD bersama 5 rekannya masih mendekam di sel tahanan Mapolres Pelabuhan Belawan. Johanes selaku komando peredaran uang palsu itu tetap tak mau membuka mulut soal uang Dolar palsu tersebut. “Saya cuma kenal begitu saja dengan si Makmur, soal cetak atau dari mana saya kurang tahu,” kata Johanes.

Disinggung soal kenekatannya mengedar uang palsu itu, pensiunan TNI AD itu mengaku dirinya tak mengetahui uang tersebut palsu. “Karena ada alat pendeteksi yang dikasih si Makmur itu saya lihat ada cahayanya, makanya saya yakin itu asli. Kalau palsu saya pun tidak berani menjualnya,” cetus Johanes. (ril/bud)
sumber: posmetro

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *