RAFFI JADI TERSANGKA, BNN FOKUS KUMPULKAN INFORMASI

BNN masih buru pemasok narkoba bagi Raffi.

Setelah menetapkan Raffi Ahmad dan tujuh orang lainnya sebagai tersangka, Badan Narkotika Nasional (BNN) langsung mengembangkan penyelidikan untuk membongkar sindikat pengedar narkotika di balik kasus tersebut. Upaya itu dilakukan dengan mengumpulkan keterangan Raffi Ahmad dan tujuh tersangka lainnya.

Keterangan tersebut akan digunakan penyidik BNN untuk menelusuri dari mana 14 kapsul yang diakui Raffi sebagai miliknya itu. BNN juga akan mencari tahu asal usul cathinone yang digunakan untuk membentuk methylone tersebut. Bersamaan dengan itu, penyidik akan mencari tahu lika-liku peredaran zat tersebut.

“Tentu pekerjaan kita tidak hanya sampai pada penetapan tersangka. Kita juga akan kembangkan kasus ini untuk mencari tahu sindikat di belakang peredaran narkotika yang menggunakan cathinone sebagai bahan dasarnya ini,” ungkap Kepala Bagian Humas Badan Narkotika Nasional, Sumirat Dwiyanto kepada SH, Jumat (1/2) malam.

Ia menambahkan, sampai saat ini pihaknya masih terus memeriksa Raffi dan mendalami setiap informasi yang didapat dari artis sekaligus pembawa acara tersebut.

Ia mengatakan, dari delapan orang yang ditetapkan sebagai tersangka, hanya Raffi Ahmad yang masih dimintai keterangan hingga Jumat malam.

Sementara itu, satu orang tidak ditahan atas jaminan dari kelurganya hingga kasus ini dilimpahkan ke pengadilan. Enam orang lainnya untuk sementara dibawa ke Lido, Jawa Barat, untuk menjalani rehabilitasi. “Untuk saat ini pengumpulan informasi difokuskan terhadap Raffi Ahmad,” ucap Sumirat.

Ia menjelaskan, selain mengumpulkan informasi dari Raffi, BNN juga menerjunkan penyidik ke sejumlah lokasi di Indonesia di mana tanaman cath tumbuh bahkan dikelola oleh petani. “Zat cathinone ini dari tanaman cath. Informasi yang kami dapat, tanaman tersebut tumbuh di beberapa wilayah di Indonesia, seperti Bogor, Samarinda, dan beberapa wilayah di Jawa Timur,” kata Sumirat.

Ia berujar, temuan serta data-data di lapangan akan dikorelasikan dengan informasi yang didapat dari keterangan Raffi Ahmad. Jika nantinya ada kecocokan, ujar Sumirat, titik terang untuk membongkar sindikat yang menggunakan cathinone tersebut sebagai bahan utama untuk membuat methylone dapat segera terungkap.

“Sementara informasi dari Raffi dikumpulkan, sejak Kamis (31/1) kemarin, tim kami juga sudah terjun ke lapangan. Sejumlah temuan kami kumpulkan untuk kemudian dikorelasikan dengan informasi dari Raffi,” tutur Sumirat.

Sumirat menyebutkan, selain menelusuri sindikat peredaran narkotika berbahan dasar cathinone itu, sejumlah kemungkinan terkait peredaran narkotika jenis tersebut juga akan dilakukan. Namun demikian, kata Sumirat, untuk sementara hal tersebut belum dapat diungkapkan kepada publik. “Kemungkinan-kemungkinan yang kami telusuri ada beberapa,tapi itu teknis penyidikan. Jadi untuk sementara kami tahan dulu agar tidak mengganggu jalannya penyidikan,” terangnya.

Saat menggelar konferensi pers di kantor BNN, Cawang, Jakarta Timur, Jumat (1/2), Deputi Pemberantasan Badan Narkotika Nasional, Benny Mamoto mengungkapkan, ditemukannya zat bernama methylone dalam kasus ini menambah daftar pekerjaan aparat hukum dalam upaya memberantas narkoba.

Menurutnya, selama ini penyidik fokus pada beberapa jenis yang masuk dalam daftar, yakni heroin, kokain, ganja, ekstasi, dan sabu. Setelah ditemukannya kasus ini, kini diketahui bahwa di luar lima jenis narkoba tersebut juga beredar methylone.

Benny mengungkapkan, bersamaan dengan upaya penyelidikan terkait kasus ini, ada media menginformasikan tumbuhnya tanaman ini di beberapa wilayah. Benny juga mengaku mendapat informasi bahwa tanaman zat turunan dari zat cathynone itu sudah menyebar luas.

“Karena itu, hal ini harus menjadi kewaspadaan kita semua. Kalau ada masyarakat yang menemukan adanya tanaman Catha Edulis (Khat) yang merupakan bahan dasar narkoba jenis cathynone dan turunannya, mohon diinformasikan kepada aparat setempat agar langsung dimusnahkan,” paparnya.

15 Tahun Penjara

Setelah ditetapkan sebagai tersangka, diketahui bahwa Raffi Ahmad disangkakan melanggar Pasal 111 Ayat 1 Pasal 132, 133 juncto 127, UU No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Sumirat mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium, Raffi positif menggunakan methylone. “Pasal yang disangkakan, yakni Pasal 111 Ayat I, 132, 133 juncto 127, UU No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika,” ujarnya.

Ia menerangkan, dalam Pasal 112 Ayat 1 disebutkan, setiap orang yang tanpa hak atau melawan hukum memiliki, menyimpan, menguasai, atau menyediakan narkotika golongan I bukan tanaman, dipidana dengan pidana penjara paling singkat 4 tahun dan paling lama 12 tahun serta pidana denda paling sedikit Rp 800 juta dan paling banyak Rp 8 miliar.

Dalam Pasal 133 Ayat 2 disebutkan, setiap orang yang menyuruh, memberi, atau menjanjikan sesuatu, memberikan kesempatan, menganjurkan, memberikan kemudahan, memaksa dengan ancaman, memaksa dengan kekerasan, melakukan tipu muslihat, atau membujuk anak yang belum cukup umur untuk menggunakan narkotika dipidana dengan pidana penjara paling singkat lima tahun dan paling lama 15 tahun dan pidana denda paling sedikit Rp 1 miliar dan paling banyak Rp 10 miliar.

“Untuk pasal ini sampai sekarang masih terus didalami. Akan dilihat apakah dia menyediakan barang, atau melakukan pembujukan, atau juga bisa saja dia menyediakan fasilitas yang mengarah kepada kemudahan atau kesempatan. Kita lihat saja nanti,” tegasnya.

Ia menjelaskan, berdasarkan perundang-undangan, seorang tersangka diancam dengan pasal berlapis maka pasal yang memiliki hukuman terberat yang diterapkan. “Karena itu Raffi terancam penjara paling singkat lima tahun dan paling lama 15 tahun,” tegasnya lagi.

Sumirat menambahkan, penerapan pasal ini berdasarkan keterangan dari para saksi dan pengakuan Raffi bahwa kapsul tersebut merupakan miliknya. Ia berujar, dengan ancaman hukuman lebih dari lima tahun penjara, Raffi harus mendekam di ruang tahanan BNN Cawang.
sumber : shnews

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

2 Responses to RAFFI JADI TERSANGKA, BNN FOKUS KUMPULKAN INFORMASI

  1. Pingback: กล่องอาหาร

  2. Pingback: buy liquid lsd vials online for sale overnight delivery in usa canada uk https://thepsychedelics.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *