LUTHFI HASAN DINILAI BUKAN PEMAIN TUNGGAL

[JAKARTA] Kasus suap impor daging sapi yang menjerat Luthfi Hasan Ishaaq diduga melibatkan pihak lain dari unsur penyelenggara negara. Sebab, Luthfi dianggap bukan pemain tunggal dalam kasus tersebut.

Jika dalam pengembangan kasus ini KPK tidak menjerat pihak lain dari unsur penyelenggara negara maka penyidikan KPK dapat mengundang pertanyaan besar. Apalagi, dalam tiga hari terakhir ini KPK giat menggeledah beberapa lokasi termasuk Kantor Direktorat Jenderal Peternakan Kementerian Pertanian (Kemtan), Ragunan, Jaksel.

Pengamat hukum dari UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, Andi Syafrani berpandangan akan kontraproduktif penyidikan yang dilakukan KPK jika terhenti pada empat tersangka kasus ini yakni, Ahmad Fathanah, Arya Abdi Effendi, Juard Effendi, dan Lutfhi Hasan Ishaaq.

“Jika dari unsur Kementerian tidak ada pihak yang diduga terlibat, maka memang rantai peristiwa pidananya sangat janggal. Karena adanya unsur kerugian negara harusnya melibatkan unsur penyelenggara negara di bidang terkait, bukan hanya pihak-pihak ketiga yang tidak secara langsung terkait dengan penyelenggaranya secara langsung,” kata Andi, kepada SP, di Jakarta.

Tidak hanya itu, dia berpandangan patut dicurigai adanya dugaan keterlibatan oknum di DPR karena suap yang diduga bakal diterima Luthfi mencapai Rp 40 miliar untuk mendorong rekomendasi kuota impor daging sapi.

“Sejauh ini baru Luthfi Hasan yang ditahan dari unsur pejabat. Korupsi selalu melibatkan banyak pihak, mulai dari hulu di DPR hingga ke hilir di bagian penyelenggara negara dan pengusaha,” katanya. [E-11]
sumber: suarapembaruan

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

1 Response to LUTHFI HASAN DINILAI BUKAN PEMAIN TUNGGAL

  1. Pingback: relx

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *