PERTAMINA SIAP KENDALIKAN BBM SUBSIDI

Kendaraan Ditempel Stiker

Medan, (Analisa). Pertamina Sumbagut menyatakan kesiapannya menjaga kuota bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi tahun 2013.
“Kita siap mengendalikan BBM bersubsidi sesuai Peraturan Menteri ESDM 1/2013 tentang pengendalian BBM bersubsidi”, kata Sonny Mirath, Asst Customer Relation FRM Region I, Kamis (31/1).

Kebijakan tersebut diterapkan sejak 1 Februari 2013, dilakukan pelarangan penggunaan Bensin RON 88 untuk Kendaraan Dinas instansi Pemerintah, Pemerintah Daerah, BUMN, BUMD di wilayah Sumatera dan Kalimantan.

Peraturan Menteri ESDM ini juga melarang penggunaan Solar Subsidi untuk mobil angkutan pertambangan, perkebunan, dan kehutanan terhitung tanggal 1 Maret 2013.

“Untuk mematuhi peraturan ini, Pertamina terus menambah outlet BBM Non Subsidi, yaitu Pertamax dan Solar Non Subsidi. Saat ini, dari total 685 SPBU di wilayah Sumbagut (Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, dan Kepulauan Riau), telah ada 248 SPBU yang menyediakan Pertamax dan 36 SPBU yang menyediakan Solar Non Subsidi”, rinci Sonny seraya menyebutkan outlet tersebut tersebar di Aceh, Sumut, Sumbar, Riau, Kepri.

Sesuai dengan peraturan BPH Migas No. 3 Tahun 2012, kendaraan yang tidak berhak menerima BBM Subsidi wajib ditempel stiker yang menyatakan kendaraan tersebut menggunakan BBM Non Subsidi.

“Penerbitan dan pemasangan stiker tersebut dapat dilakukan oleh pemerintah maupun pemerintah daerah, seperti halnya yang dilakukan di Jawa-Bali”, katanya.

Sanksi

Stiker kendaraan pengguna BBM Non Subsidi akan menjadi pedoman Pertamina dalam menjalankan penyaluran di lapangan. Pertamina akan memberikan sanksi administratif bagi SPBU apabila petugas SPBU menyalurkan BBM Subsidi kepada kendaraan yang memiliki stiker tadi.

Berdasarkan Peraturan Presiden RI No 15/2012, pengaturan, pengawasan, dan verifikasi terhadap kelancaran dan ketepatan pelaksanaan pendistribusian Jenis BBM Tertentu dilaksanakan Badan Pengatur Hilir Migas (BPH Migas), bekerjasama dengan instansi terkait/Pemerintah Daerah.

“Pertamina juga siap melakukan kerjasama dengan seluruh Pemerintah Daerah, aparat keamanan, dan stakeholders lainnya demi terjalannya Peraturan Menteri ESDM di wilayah masing-masing”, ujar Sonny Mirath.(bay)
sumber: analisadaily

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

1 Response to PERTAMINA SIAP KENDALIKAN BBM SUBSIDI

  1. Pingback: กล่องอาหาร

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *