MINUMAN BERACUN DIKIRIM PRIA PARUH BAYA

Tolak Relokasi PKL, 25 Mahasiswa Diracun

SIANTAR-PM : Ke dua puluh lima mahasiswa Universitas Simalungun (USI) dan Unimed telah pulih dari keracunan pasca unjuk rasa bersama pedagang menolak relokasi, Senin (28/1). Mereka masih yakin diracuni. Terlebih salah seorang dari mereka melihat sosok pria paruh baya yang mengantar 2 kotak minuman mineral disyaki mengandung racun tersebut.

Di temui POSMETRO di RSU Djasamen Siantar, Selasa (29/1) siang, para korban keracunan sangat yakin kalau mereka diracuni. Edwin Purba, salah seorang mahasiswa Unimed mengaku melihat pria yang ia curigai sebagai pelaku yang meracuni mereka.

Pria paruh baya itu mengantar dua kotak minuman mineral kemasan gelas ke bak mobil pick-up yang mereka gunakan mengangkut Sound System. Edwin bahkan yakin jika bertemua, akan sangat mengenali pria tersebut.

“Aku berharap bertemu lagi dengan orang itu. Biar tau siapa di belakangnya,” kata Edwin.

Meski diracuni Edwin dan kawan-kawan mengaku tak akan surut membantu perjuangan para PKL agar tidak digusur Pemko Siantar.

Penegasan serupa juga disampaikan Roky Marbun, aktifis pendamping PKL yang sempat berdebat dengan Kapolres Pematangsiantar terkait demo. Sebab menurutnya kebijakan pemerintah menggusur PKL lebih kepada desakan salah satu OKP.

Terlebih, Julham Situmorang, Kakan Satpol-PP sempat terdaftar sebagai pengurus di OKP tersebut. “Jabatan sebagai tameng untuk kepntingan OKP. PKL yang jadi korbannya,” terang Roky.

Jandi Nadek (48) selaku kordinator PKL, menyebut keracunannya 25 mahasiswa adalah upaya oknum tertentu untuk menyakiti, agar mahasiswa tak lagi terlibat demo menolak kebijakan pemerintah kota Siantar.

Di tempat terpisah, Kapolres Pematangsiantar, AKBP Alberd Sianipar yang ditanya seputar 25 mahasiswa keracunan berjanji akan menindak lanjutinya. Hingga kemarin pihaknya masih dalam penyelidikan, menunggu hasil laboratorium. “Bagaimana pun segi kemaanan sudah menjadi tugas kita,” kata Alberd.

Menyakut para mahasiswa yang sempat dirawat di rumah sakit, dr Maya Damanik Wakil Direktur RSUD Dr Djasamen Saragih meyakini kalau para demontran keracunan. Hanya saja racun jenis apa yang dikandung para korban belum dapat diketahui dan tengah dalam proses pemeriksaan laboratorium.

Terang dr Maya, belum tentu makanan yang sudah kedaluarsa menjadi racun. Apalagi reaksi yang dialami para korban, sangat kecil kemungkinan akibat racun yang dikandung makanan atau minuman minieral kedaluarsa.

Racun yang dikandung para korban, jelas dr Maya, mirip efek yang ditimbulkan cairan pestisida dan obat anti nyamuk. Adapun unsur kima yang terkandung di

dalamnya, seperti diklorvos, propoxuran dan pyrethroid atau lainnya. Bila cairan tersebut termakan, racun jenis itu bisa menyebabkan mual, muntah, gelisah, keringat berlebihan, dan tubuh gemetar. Keracunan parah bisa menyebabkan koma dan kematian. “Berbahaya tergantung ketahanan tubuh masing-masing,” cetus dr Maya.

Sementara itu, para PKL masih melanjutkan aksinya dengan mendirikan tenda di depan Kantor Walikota, sebagai bentuk protes. Selain membuka dapur umum, para pedagang ini juga berkemah dan tak mempedulikan hujan.

Tidak terlihat pengawalan petugas, baik dari kepolisian maupun Satpol PP. Sedangkan gerbang jalur keluar Balai Kota itu, justru tertutup rapat-rapat. Aksi berkemah di depan kantor Walikota akan terus dilakukan sampai tuntutan mereka dipenuhi. “Sampai permintaan kami untuk kembali ke lapak semula,” tegas ibu Nana (42) kepada wartawan.

Hingga jam 4 sore, tidak ada aksi penyampaian aspirasi dilakukan para PKL. Dan hal tersebut tampak mendapat simpati masyarakat. Malah beberapa pengguna jalan memberikan uang ke dalam kotak yang tersedia di pinggiran jalan lintas itu.

“Mau diracuni sekalipun, kami tidak takut. Karena aksi kami ini sudah bertaruh nyawa,” tekad Jandi Nadek.

Sebaliknya, Daniel Siregar selaku Kabag Humas Pemko tetap meminta para pedagang mematuhi Perda larangan berdagang yang dikeluarkan Pemko. Tujuannya, guna memperindah Kota Pematangsiantar dari sebutan kumuh. “Bagaimana pun, kebijakan itu tetap dipertahankan,” kata Daniel. (ndo/bud)
sumber: posmetro

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

1 Response to MINUMAN BERACUN DIKIRIM PRIA PARUH BAYA

  1. Pingback: buy ibogaine online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *