TUJUH NEGARA DENGAN BANDARA TERSIBUK SEJAGAT

Kebutuhan akan transportasi udara dari tahun ke tahun semakin meningkat. Hal tersebut didukung oleh pendapatan penduduk dunia yang meningkat serta semakin murahnya harga tiket pesawat.

Menurut data Asosiasi Penerbangan Udara Internasional (International Air Transport Association/IATA), tahun 2011 lalu terdapat 2,8 miliar penumpang yang menggunakan transportasi udara. Hal tersebut diperkirakan semakin tumbuh menjadi 3,6 miliar di tahun 2016 nanti atau naik 5,3 persen per tahunnya.

Menurut IATA, hingga saat ini Amerika Serikat masih menjadi pasar transportasi udara terbesar di dunia. Di tahun 2016 nanti, penumpang AS untuk penerbangan domestik bisa mencapai 710,2 juta.

Sementara untuk pasar Asia-Pasifik sendiri diperkirakan akan tumbuh dan mencakup 33 persen dari total penumpang secara global di tahun 2016, naik dari porsi tahun 2011 yaitu 29 persen.

Meski begitu, terdapat beberapa negara yang termasuk sepuluh besar bandara tersibuk sedunia. Berikut beberapa negara tersebut menurut penghitungan Dewan Bandara Internasional untuk semester satu tahun lalu.

1. Amerika Serikat

Di negara Paman Sam ini terdapat empat bandara paling sibuk sedunia. Pada peringkat pertama adalah Bandara Hartsfield-Jackson Atalanta di negara bagian Georgia, AS. Hingga semester satu tahun lalu, penumpang yang memadati bandara ini mencapai 55,8 juta atau naik 3,8 persen dibanding tahun sebelumnya.

Tiga bandara yang lain adalah O’Hare International Airport di Chicago, Illinois, Bandara Los Angeles dan Dallas Fort Worth International Airport di Texas. Kepadatan penumpang di bandara tersebut masing-masing adalah 40,1 juta, 37,1 juga dan 34,1 juta.

2. China

Bandara Internasional Beijing menempati bandara paling sibuk kedua sedunia. Bandara yang terletak di Chaoyang ini selama enam bulan pertama tahun lalu telah melayani 46,95 juta penumpang atau naik lima persen dibanding tahun lalu.

3. Inggris

Bandara London Heathrow menempati posisi ketiga bandara tersibuk di dunia. Pada semester pertama tahun lalu, terdapat 40,1 juta penumpang memadati bandara Ibu Kota Inggris tersebut. Angka ini naik 1,1 persen dibanding tahun sebelumnya.

4. Jepang

Bandara Internasional Tokyo yang juga sering disebut sebagai bandara Haneda ini selama setengah tahun lalu menampung 37,1 juta penumpang. Penumpang bandara tersebut terhitung naik 10,5 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

5. Prancis

Bandara Paris Charles de Gaulle di Paris menjadi bandara yang tersibuk setelah Los Angeles. Selama enam bulan pertama tahun lalu, bandara ini telah menampung 35,7 juta penumpang, baik domestik maupun internasional. Jumlah penumpang tersebut terhitung naik 2,2 persen dibanding tahun sebelumnya.

6. Jerman

Bandara Frankfurt menjadi bandara tersibuk setelah bandara Dallas, AS. Jumlah penumpang di bandara ini mencapai 33,2 juta pada enam bulan pertama tahun lalu. Penumpang yang berada di bandara ini naik 3,4 persen dibanding tahun sebelumnya.

7. Indonesia

Bandara Soekarno-Hatta menjadi bandara tersibuk kesepuluh pada semester pertama tahun lalu. Jumlah penumpang yang hilir mudik di bandara ini naik luar biasa yaitu 16,7 persen menjadi 33 juta. Pertumbuhan ini tertinggi kedua setelah Bandara Ataturk di Turki.

Kesibukan penumpang bandara Cengkareng ini telah melebihi bandara Changi, Singapura dan Hong Kong yang menjadi hub atau koneksi penerbangan internasional selama ini.
sumber: merdeka

This entry was posted in Berita, Informasi Penting. Bookmark the permalink.

1 Response to TUJUH NEGARA DENGAN BANDARA TERSIBUK SEJAGAT

  1. Pingback: 南越谷 ボルダリング

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *