PUPUK KANDANG MULAI DIMINATI PETANI LANGKAT

MedanBisnis – Langkat. Pupuk kandang seperti dari kotoran ternak kambing saat ini lebih diminati petani sayur  dan buah-buahan. Pasalnya, pupuk kandang lebih bersahabat dalam membangun unsur hara pada tanah yang mulai rusak.
Wagimin alias Ok Ek (57) petani sayur di Dusun Paluh Baru Desa Pasar Rawa Kecamatan Gebang, Langkat kepada MedanBisnis, Rabu (23/1) mengatakan, dengan menggunakan kotoran ternak kambing yang telah lama terkena sinar matahari dan hujan atau sudah menjadi tanah, sangat baik digunakan untuk tanaman.

“Dulu tanah pertanian ini subur, namun akibat pupuk kimia yang terus digunakan kini menjadi keras. Dan, untuk memanfaatkan lagi lahan ini, kami para petani memanfaatkan kotoran kambing,” kata Wagimin.

Dikatakannya, tanah yang baru dibuka hutannya di pinggiran pesisir pantai yang telah dibangun tanggul pembatas air pasang surut (air laut), juga bisa dimanfaatkan untuk tanaman sayur mayur setelah enam bulan terkena sinar matahari dan hujan.

“Semula kami cemas memanfaatkan lahan pesisir bekas tambak udang yang sering terendam air laut, tetapi setelah diolah dengan campuran kotoran ternak kambing dan dolomit, pertumbuhan tanaman terlihat subur, seperti tanaman rimbang. Baru tiga bulan ditanam,tanaman sudah berbuah,” aku dia.

Menurutnya, untuk tanaman rimbang, tanah campuran dolomit dan kotoran kambing itu dimasukan dalam polibag dari daun pisang. Setelah itu, batang pohon tanaman ataupun sayur lainnya dipindah dalam polibag. Setelah 3 minggu tanaman bisa dipindahkan di lahan pertanian yang sudah diolah lebih dulu dengan campuran kotoran ternak kambing. (misno)
sumber: medanbisnisdaily

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

1 Response to PUPUK KANDANG MULAI DIMINATI PETANI LANGKAT

  1. Pingback: buy ritalin pills 10mg 20mg 30mg 40mg with imprints nvr r30 nvr r40 for anxiety and depression from a genuine online pharmacy without prescription and free overnight delivery

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *