RIBUAN PNS KARO DIMOBILISASI HADIRI ACARA DEMOKRAT

Kabanjahe-andalas Diisukan SBY datang, massa didominisasi kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Karo, sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) mulai dari eslon II dan Eslon III, kepala desa/ lurah, guru dan anak sekolah hadiri perlombaan rakit Bambu Fiesta Demokrat 2013 di Danau Lawar Kawar, Desa Lau Kawar, Kecamatan Naman Teran Kabupaten Karo, Sabtu (19/1).

Pantauan wartawan, kemeriahan acara yang mengusung mengangkat kearifan lokal di objek wisata Danau Lau Kawar tersebut sedikit ternoda, karena ribuan massa yang menyemuti lokasi acara terkesan dimobilisasi dari kalangan PNS, guru dan anak sekolah sehingga banyak mengundang tanda tanya.

Demikian juga kepanitiaan lokal yang dari kalangan SKPD Pemkab Karo. Bahkan penyambutan dan pengamanan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum, terlihat Satpol PP Pemkab Karo lebih berperan ketimbang aparat Polres Karo.

Ironisnya lagi, kegiatan tersebut juga memobilisasi sejumlah siswa seperti dari SMA Negeri 1 Juhar (Kecamatan Juhar), SMA Negeri 1 Lau Baleng (Kecamatan Lau Baleng), SMA Negeri 1 Mardinding (Kecamatan Mardinding), SMA Negeri I Simpang Empat (Kecamatan Simpang Empat), SMA Negeri 1 Munthe (Kecamatan Munte), SMA Negeri Tiga Binanga (Kecamatan Tigabinanga), Akbid Pemkab Karo. Dan para siswa terlihat didampingi para guru, padahal masih jam belajar.

“Mengorbankan, PNS, siswa dan guru hanya untuk sebuah prestise dan kepentingan petinggi partai politik, sangat memalukan. Gak zamannya lagi. Katanya, lomba rakit memperebutkan piala Bupati Karo, tapi acaranya Partai Demokrat. Sebelumnya SBY juga diisukan datang kemari,” celetuk Deka Ginting (47) seorang warga setempat.

Sebelum acara puncak Perayaan Natal Nasional Demokrat di Stadion Samura Kabanjahe terlebih dahulu diawali kegiatan perlombaan rakit Bambu Fiesta Partai Demokrat untuk memperebutkan trophy Bupati Karo dan uang tunai puluhan juta rupiah.

Sejumlah mobil pelat merah milik pejabat Pemkab Karo, yang dicatat wartawan adalah, BK 8262 S, BK 8263 S, BK 320 S, BK 312 S, BK 362 S, BK 372 S, BK 521 S, BK 320 S, BK 315 S, BK 323 S, BK 523 S, BK 308 S, BK 321 S.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Karo DR (HC) Kena Ukur Karo Jambi Surbakti yang juga Ketua DPC Partai Demokrat Kab Karo, Ketua Panitia Natal Partai Demokrat Hinca Panjaitan.

Pada pukul 14.15 WIB, Ketua Umum DPP Dr Anas Urbaningrum didampingi Ketua DPP Jhony Allen Marbun, Saleh Bangun yang juga Ketua DPRD Sumut, dan sejumlah politisi Partai Demokrat hadir di lokasi.

Tokoh masyarakat terlebih dahulu memberikan cinderamata berupa pakaian khas adat Karo, “uis nipis” dan karangan bunga kepada Ketua Umum Partai Demokrat, Dr Anas Urbaningrum dan disambut pekikan “Hidup Demokrat dan Hidup Anas”.

Di hadapan massa, Anas Urbaningrum menyatakan sangat terharu atas sambutan tulus dan iklas warga masyarakat Tanah Karo. “Bupati Karo hangat sikapnya dan gagah karena pakai tongkat komando,”ucap Anas sambil berkelakar dari atas panggung.

Ia mengakui, baru pertama kali hadir di Danau Lau Kawar yang persis berada di kaki Gunung merapi Sinabung. Lokasi objek wisata yang sangat indah dengan udaranya yang sejuk ini, patut kita syukuri sebagai ciptaan Yang Maha Kuasa. “Mari kita rawat dan jaga kelestariannya,” ujarnya.

Rakit dari bambu ini sudah ada sejak tahun 1830 dan hal ini adalah satu satu potensi budaya dari desa ini yang merupakan salah satu acara dalam melestarikan budaya lokal yang memiliki nilai tinggi sebagai masyarakat yang memegang teguh tradisi budaya.

“Masyarakat Karo harus mempertahankan identitas budaya Karo sebagai jati diri yang tangguh dan tidak boleh hilang identitas budaya warisan leluhur kita,”ungkapnya disambut tepuk tangan dari para hadirin, selanjutnya melakukan penaburan 75 ribu benih ikan di Danau Lawar tersebut.

Ketika wartawan mengkonfirmasi Kepala Diknas Kab Karo, Drs Sastra Tarigan prihal keterlibatan anak sekolah dan guru disaat jam belajar, mengatakan para guru yang hadir mengikuti acara ini, apabila tidak ada jam mengajar di sekolahnya. “Jadi, tidak ada masalah untuk hadir dan bukan ada unsur paksaan untuk menghadiri,”kelitnya.

Usai acara perlombaan rakit Bambu Fiesta tersebut, para PNS mengisi daftar absen. Dan dilanjutkan perayaan Natal Nasional Demokrat 2013 di Stadion Samura Kabanjahe, berlangsung sore hingga malam hari yang juga didominasi dari kalangan PNS dan guru namun massa yang datang hanya sekitar 300 orang. Di acara Natal tersebut turut dihadiri, Anas Urbaningrum dan Edhie Baskoro (Ibas). (RTA)
sumber : harianandalas

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

2 Responses to RIBUAN PNS KARO DIMOBILISASI HADIRI ACARA DEMOKRAT

  1. Pingback: best dumps shop

  2. Pingback: Fortune Games New Zealand

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *