AWAS! AYAM DAN ITIK WARGA HUMBAHAS BERMATIAN TERSERANG FLU BURUNG

Starberita – Dolok Sanggul, Kewaspadaan peternak unggas terhadap virus flu burung atau Avian Influensa (AI) kembali diingatkan. Pasalnya untuk kedua kalinya, flu burung kembali ditemukan di Dusun III Hutagodang Desa Sileang Kecamatan Dolok Sanggul Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas). Sebelumnya kejadian yang sama pernah ditemukan di Desa Matiti Kecamatan Dolok Sanggul pada tahun 2008 yang lalu.
Demikian dikemukakan Kadis Peternakan dan Perikanan Pemkab Humbahas Ir Kaminton Hutasoit,didampingi Kasi kesehatan hewan Pakkat Marbun saat dikonfirmasi andalas di ruang kerjanya, Rabu (16/1).

Kaminton menuturkan, penemuan AI pada ternak unggas adalah berkat laporan salah seorang peternak ayam, Golda Meyer Sihite dari Dusun III Hutagodang, Desa Sileang, Senin (14/1). Golda Meyer dalam laporannya mengatakan, kematian ternak ayamnya berjumlah 2 ekor dari populasi sebanyak 70 ekor dan 5 ekor itik. Kemudian sebanyak 25 ekor ayam milik Ahmad Yani Sihite tetangga Golda Meyer, mati secara mendadak dan bangkainya dibuang disekitar kandang ayam milik Golda Meyer.

Kaminton melanjutkan, setelah mendapat laporan dari peternak ayam, Golda Meyer, petugas Dinas Peternakan langsung turun kelapangan untuk melakukan penyuluhan dan pemberian desinfektan untuk penyemprotan kandang. Upaya pencegahan yang dilakukan oleh tim dokter hewan dinas peternakan ternyata belum memberikan solusi. Rabu (16/1), Golda Meyer kembali melaporkan bahwa 41 ekor ternak ayam miliknya kembali mati secara mendadak.

Atas laporan tersebut, tim dokter hewan dari dinas peternakan kembali kelapangan dan melakukan tindakan yakni, memisahkan ternak ayam yang mati dan pemeriksaan gejala klinis yakni melakukan tes cepat uji AI dengan menggunakan Rapid Test Kit (RTK) pada bangkai ayam melalui bagian kloaka dan mulut. Setelah ditunngu selama 5 menit, hasilnya yang didapat ayam yang mati tersebut positif AI.

Atas hasil yang diperoleh dari tes cepat uji AI, dinas Peternakan langsung melakukan pemusnahan terhadap 71 ekor ayam dan 5 ekor itik. Pemusnahan ternak unggas tersebut dilakukan dengan cara membakar selanjutnya dikubur.

Tindakan pemusnahan itu disaksikan Kadis Kesehatan dr Budiman Simanjuntak MKes, Camat Dolok Sanggul RJ Simamaora, Kepala Desa Sileang, perwakilan dari poskesdes, pemilik ternak dan beberapa masyarakat setempat.

Kaminton menyampaikan, untuk mencegah terjadinya penyebaran penyakit flu burung, pihaknya akan melaksanakan penyemprotan desinfektan pada setiap kandang ternak unggas di Desa Sileang dan melakukan penyuluhan tentang “Tanggap Flu Burung” kepada anak-anak sekolah dasar di Desa Sileang dan sekitarnya.(AND/MBB)
sumber: starberita

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

1 Response to AWAS! AYAM DAN ITIK WARGA HUMBAHAS BERMATIAN TERSERANG FLU BURUNG

  1. Pingback: buy micro dose magic mushroom online for sale overnight delivery in usa canada uk australia cheap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *