PLTU NAGAN RAYA BEROPERASI DESEMBER 2012

NAGAN RAYA – Pejabat PT PLN Wilayah Aceh menyebutkan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Nagan Raya 1×100 megawatt akan beroperasi Desember 2012. Sedangkan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Peusangan kapasitas 2×43 MW diperkirakan mulai beroperasi pada 2015.

“Target kita PLTU Nagan Raya 2×100 MW, tahap pertama 1×100 MW mulai beroperasi awal Desember 2012. Setelah itu beroperasi, langsung dibangun (pembangkit) satu lagi yang juga akan menghasilkan 100 MW,” kata Said Mukarram, Deputy Manager Komunikasi dan Hukum PT PLN Wilayah Aceh, hari ini.

Said Mukarram membenarkan PLTU Nagan Raya yang berlokasi di Desa Suak Puntong mulai dikerjakan sejak 2008. Soal mengapa penyelesaian proyek PLN itu sempat molor, kata Said, “dulu ada sedikit kendala saat proses pembebasan lahan. Kemudian materialnya dari Cina, perlu proses masuk ke Indonesia”.

Menurut Said, kebutuhan listrik wilayah pantai timur dan pantai barat Aceh mencapai 278 MW. Namun yang selama ini dipasok dari transmisi Sumatera Utara hanya 78-79 MW. “Kalau PLTU Nagan Raya sudah beroperasi nanti untuk kebutuhan pantai timur bisa conecting lewat Geumpang (Pidie), maka tidak ketergantungan lagi dari Medan,” katanya.

Disinggung soal tenaga kerja yang akan ditampung di PLTU Nagan Raya, Said berkata, “untuk operator kita pakai yang sudah ada termasuk yang baru mengikuti pelatihan, tapi untuk yang sifatnya membantu operasional kita tetap beri kontribusi bagi tenaga lokal atau warga setempat”.

Selain PLTU Nagan Raya, kata Said Mukarram, investasi jangka panjang lainnya dari PLN di Aceh ialah PLTA Peusangan yang akan menghasilkan daya listrik 2×43 MW. “Pekerjaan sudah berjalan sekitar 20 persen, PLTA Peusangan akan beroperasi 2015,” katanya.
sumber: waspada

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

2 Responses to PLTU NAGAN RAYA BEROPERASI DESEMBER 2012

  1. Pingback: digital transformation of business

  2. Pingback: What Is An Argument In An Essay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *