MEDAN TERPILIH JADI SALAH SATU KOTA PENYELENGGARA APEC TAHUN 2013

Medan, (Analisa). Kota Medan terpilih menjadi salah satu kota di Indonesia yang dipercayakan oleh pemerintah pusat sebagai penyelenggara pertemuan Asia Pacific Economic Coorporation (APEC) Indonesia 2013. Untuk itu Direktorat Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia akan mengunjungi ibukota provinsi Sumatera Utara ini untuk memperoleh informasi dan mengiventarisir kebutuhan-kebutuhan terkait penyelenggaraan Konfrensi Tingkat Tinggi Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik tersebut.
Hal ini terungkap ketika Walikota Medan Drs H Rahudman Harahap MM memimpin rapat persiapan untuk menerima kunjungan tim dari Direktorat Jenderal (Dirjen) Asia Pasifik dan Afrika Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia di Balai Kota Medan, Jumat (21/9) petang. Berdasarkan surat No.147e39/BK/09/2012/34 tanggal 19 September 2012 yang ditandatangani An. Dirjen Asia Pasifik dan Afrika Direktur Kerjasama Intrakawasan Asia pasifik dan Afrika Ario Suryodipuro, tim akan datang Senin (24/9).

“Alhamdulillah, Kota Medan terpilih menjadi salah satu kota di Indonesia sebagai penyelenggara pertemuan APEC. Untuk itu kita harus bersyukur atas kepercayaan luar biasa yang diberikan pemerintah pusat ini. Karenanya, kita harus bekerja keras lebih keras lagi agar Kota Medan menjadi tuan rumah yang baik,” katanya.

Dijelaskan Wali kota, APEC merupakan sebuah institusi regional yang terbentuk pada 1989 dan hingga saat ini beranggotakan 21 negara, termasuk Indonesia. Titik berat pelaksanaan kerja samanya terletak pada bidang liberalisasi dan fasilitas perdagangan dan investasi. Selain itu juga pada bidang kerja sama teknis terkait pengembangan kapasitas.

“Tim yang datang berjumlah 8 orang dipimpin langsung Direktur Kerjasama Intrakawasan Asia pasifik dan Afrika Ario Suryodipuro. Kedatangan mereka untuk memperoleh informasi dalam menginventarisir kebutuhan-kebutuhan terkait penyelenggaraan pertemuan APEC 2013. Di samping itu akan meninjau fasilitas-fasilitas pertemuan, akomodasi dan infra struktur penunjang pertemuan lainnya. Hasil peninjauan akan dijadikan bahan pertimbangan pimpinan dalam proses penentuan Kota Medan sebagai salah satu kota penyelenggara pertemuan APEC Indonesia 2013.

Jika Kota Medan dipercayakan menjadi tuan rumah, lanjut Walikota, maka Barrack Obama jika terpilih kembali menjadi Presiden Amerika Serikat kemungkinan besar datang. Sebab, sejak pertemuan APEC digelar 22 tahun silam, Presiden Amerika Serikat selalu menghadirinya. “Tentunya ini sangat membanggakan sekali bagi Kota Medan jika Barack Obama ,” ungkapnya.

Mengenai fasilitas pertemuan, Walikota mengaku apa yang dimiliki Kota Medan tidak kalah dengan kota-kota lainnya di Indonesia, termasuk Bali. Sebab, Kota Medan memiliki hotel-hotel berbintang lima dan empat yang memiliki fasilitas pertemuan bertaraf internasional. Karenanya, dia meyakini terkait fasilitas pertemuan tidak akan ada masalah.

Dalam rapat yang dihadiri Sekda ir Syaiful Bahri, Asisten Umum Drs Musadat Nasution, sejumlah pimpinan SKPD terkait, camat se-Kota Medan, Vice Presdiet PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre I Sumut-Medan M Nasir, perwakilan dari PT Pelindo, PT PDAM, PT PLN, PT Angkasapura, Walikota mengajak untuk saling bersinergi. Terutama PLN, selama pertemuan APEC digelar harus dipastikan tidak ada pemadaman listrik.

Kemudian, Walikota minta mulai saat ini Kota Medan harus bersih dari sampah. Lalu, terang benderang dan tidak ada lagi jalan berlubang. Hal itu pentuing agar Kota Medan benar-benar dipercayakan pemerintah pusat menjadi tuan rumah pertemuan APEC Indonesia 2013. (maf)
sumber: analisadaily

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

1 Response to MEDAN TERPILIH JADI SALAH SATU KOTA PENYELENGGARA APEC TAHUN 2013

  1. Pingback: fresh cvv

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *