KUOTA CALON JAMAAH YANG BATAL BERANGKAT HARUS KEMBALI KE SUMUT

MEDAN (Berita) :Plt Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho,ST meninjau persiapan operasional penyelenggaraan ibadah haji Embarkasi Medan di Asrama Haji Medan, Rabu (19/09). Dalam peninjauan itu Gatot minta Kanwil Kemenag Sumut memperjuangkan 66 kuota Sumut yang terpaksa  dikembalikan ke pusat karena biaya yang tidak dilunasi sesuai waktu.

“Saya minta Kanwil dapat memperjuangkan sisa 66 kuota yang terpaksa dikembalikan ke pusat. Karena mekanismenya, sisa kuota yang dikembalikan akan dialokasikan ke daerah disesuaikan dengan daftar tunggu,” ujar Gatot.

Dengan demikian, lanjutnya, sesuai mekanisme tersebut jumlah kuota Sumut akan berkurang. Karena masih ada daerah lain semisal seperti Aceh yang lebih memiliki daftar tunggu yang lebih lama dibandingkan Sumut. Jika Sumatera Utara daftar tunggu sampai 8 tahun, Aceh lebih lama yaitu sampai 12 tahun.

“Karena itu kami meminta Kanwil Kementerian Agama Sumut dapat perjuangkan kembali 66 kuota tersebut. Dan saya dengar sudah diusulkan penambahan sebanyak 174 calon jamaah,” terang Gatot yang didampingi Kanwil Kemenagsu Abdul Rahim.

Sebagaimana diketahui bahwa Sumut pada tahun ini mendapatkan jatah kuota 8.234 dengan rincian jamaah sebanyak 8.180 dan TPHD/TKHD 54 orang. Namun pada tengat pelunasan tanggal 14 September lalu, hanya 8.114 jamaah yang mampu melunasi biaya haji. Sehingga sisa 66 kuota dikembalikan ke pusat.

Dalam kesempatan itu, Gatot juga menghimbau agar Jamaah haji Sumut dapat menjaga kesehatan dan mengikuti arahan petugas serta memaksimalkan ibadah selama di tanah suci. “Mudah-mudahan jama’ah asal Sumut mampu mengkapitalisasi diri sehingga dapat menyelesaikan ibadah dengan baik dan menjadi haji yang mabrur,” ujar Gatot.

Dia juga menghimbau agar para petugas penyelenggara haji dan panitia dapat bekerja sungguh-sungguh dalam memberi pelayanan dan pemahaman kepada jamaah. Dengan demikian dapat menjadi modal jamaah melaksanakan ibadah haji dengan nyaman.

Sementara itu, Abdul Rahim menyatakan kesiapan pihaknya melaksanakan penyelenggaraan haji yang sudah dimulai hari ini (20/9). Untuk kloter pertama yaitu Kota Medan  masuk pada Kamis  pukul 08.00 wib, dan take off pada pukul 08.15 keesokan harinya (Jumat, 21 September) dengan menumpang maskapai Garuda Airways.

Plt Gubsu dan rombongan meninjau kesiapan penyelenggaraan diantaranya ruang pemeriksaan kesehatan, pendaftaran dan penimbangan koper, aula, kamar, ruang makan dan fasilitas lainnya.

Turut hadir dalam peninjauan kesiapan pelaksanaan haji kemarin Asisten III Setda Provsu Asrin Naim, Ketua Komisi E DPRD Sumut dan mewakili unsur Forum Komunikasi Daerah.(lin)
sumber: beritasore

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

1 Response to KUOTA CALON JAMAAH YANG BATAL BERANGKAT HARUS KEMBALI KE SUMUT

  1. Pingback: glockonline.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *